Skip to main content

Mengenal Ciri-ciri Kambing Kejobong

Ciri-ciri Kambing Kejobong - Kambing Kejobong adalah salah satu jeniskambing lokal yang ada di Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah. Asal kambing kejobong ini belum diketahui secara pasti dimana asalmulanya. Namun banyak para peternak berpendapat bahwa Kambing jenis kejobong adalah hasil persilangan Kambing PE (Peranakan Ettawa) dengan kambing kacang. Kambing ini mempunyai bentuk tubuh bulat disertai tingkat pertumbuhan relatif lebih cepat. Kambing kejobong dipilih oleh pternak dan dipertahankan dari generasi ke generasi. Akhirnya, kambing kejobong ini mempunyai warna dominan hitam. Oleh sebab itu, kambing ini tak jarang disebut sebagai kambing kejobong hitam. Bagi anda yang akan berternak kambing kejobong, silahkan perhatikan ciri-ciri kambing kejobong ini.

Mengenal Ciri-ciri Kambing Kejobong


Karakteristik Roman Nose kambing yang ada di Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga yang sangat ketara adalah berbentuk cembung (98,83 %). Mungkin karena hal tersebutlah menunjukkan bahwa kambing local Kejobong mempunyai karakteristik profil muka hampir mirip seperti kambing PE.

Karakteristik Kambing Kejobong

Kambing Kejobong
Kambing Kejobong
Berdasarkan sumber yang kami peroleh di Purbalingga kambing kejobong ini sudah banyak terdapat di wilayah Kecamatan Kejobong dan Kecamatan Pengadegan. Menurut Data yang di ambil Akhmad sodiq tahun 2009, Total populasi kambing kejobong di wilayah Kecamatan Kejobongsetidaknya ada 15.317 ekor. Lokasi untuk peternakan kambing tersebar diseluruh desa (13 desa). Populasi kambing terbesar ada pada Desa Langgar sebesar 3.280 ekor (21,41%), diikuti Nangkod setidaknya ada 1.575 (10,28%) serta Kedarpan kurang lebih 1.425 ekor (9,30%). 

Apabila ditinjau dari sudut pemeliharaannya, kambing lokal seperti kambing khas Kejobong banyak dipelihara dan diternakan secara tradisional dengan manajemen pemeliharaan yang sederhana jadi kualitas produksinya sangat beragam. Pertumbuhan serta produksi karkas tidak hanya dipengaruhi oleh manajemen pemeliharaan juga dipengaruhi oleh bangsa ternak, besar kecilnya ukuran tubuh, umur ternak, bobot pada saat dipotong, juga kondisi tubuh tersebut. 

Ciri dan Karakteristik Kambing Kejobong


Ukuran Tubuh 

Ukuran Tubuh Kambing Kejobong lokal Kejobong secara umum lebih besar dibandingkan ukuran-ukuran tubuh kambing Kacang namun dibawah ukuran-ukuran tubuh kambing Peranakan Etawah (PE) 

Pola Warna 

Warna hitam adalah warna dominan pada kambing kejobong. Urutan warna kambing pada peternak kelompok yaitu hitam, hitam putih, coklat, hitam coklat, hitam putih coklat, putih coklat serta putih, sedangkan pada peternak individu adalah hitam, hitam putih, hitam coklat, coklat, hitam putih coklat, putih serta putih coklat. Warna yang unik pada kambing Kejobong adalah warna hitam dengan belang putih diperutnya warga kejobong menyebutnya dengan kambing kendik, menurut para peternak tipe kambing ini sangat disukai serta banyak peminatnya dan banyak dicari untuk kepentingan spiritual atau budaya istiadat. 

Bobot Lahir 

Rata-rata bobot lahir untuk peternak kelompok mencapai 2,814 kg sedangkan untuk peternak individu hanya mencapai 2,335 kg hanya ada selisih sekitar 0,479 kg, artinya pemeliharaan peternak kelompok serta individu lebih besar peternak kelompok. Hal tersebut memang wajar karena dapat di pengaruhi oleh manajemen pemeliharaannya. 

Bobot Sapih 

Rata-rata bobot sapih untuk peternak kelompok mencapai 16,141 kg sedangkan untuk peternak individu hanya mencapai 14,080 kg ada selisih cukup signifikan yaitu 2,061 Kg, dari hasil ini maka dapat disimpulkan bahwa peternak kelomok lebih baik dalam pola pemeliharaan kambing kejobong. 

Bertahan Hidup

Bertahan hidup atau sering disebut survival rate pada peternak kelompok mempunyai nilai rata-rata 92,00% sedangkan pada peternak individu 76,63% terbisa selisih 12,37%. 

Demikian informasi menegnai " Mengenal Ciri-ciri Kambing Kejebong " yang dapat kami sampaikan. kurang lebihnya mohon maaf. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam Peternak Indonesia.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar