Skip to main content

Kenali Jenis-jenis Ikan Arwana Untuk Peluang Bisnis Anda!

Ternak Pertama - Jenis-jenis Ikan Arwana - Ikan Arwana adalah tipe ikan hias air tawar yang benar-benar asli berasal dari perairan Indonesia, Dulu Jenis ikan arwana sangat susah dicari dan sering dijumpai dialam bebas namun sekarang anda bisa menemukan ikan air tawar ini di banyak tempat karena memang saat ini sudah banyak yang membudidayakanya. Beberapa tahun yang lalu jenis ikan hias arwana masuk dalam kategori ikan yang hampir punah hal ini mungkin dikarenakan banyak orang yang menangkap dalam jumlah banyak serta memperjualbelikan ikan arwana secara ilegal untuk ikan hias di akuarium.

Namun Saat ini ikan hias arwana tak lagi harus dicari dirawa alias habitat aslinya karena telah banyak orang yang membudidayakannya. Budidaya ikan arwana bertujuan untuk memulihkan lagi status arwana yang dulunya disebut sebagai ikan asli indonesia yang keberadaanya sudah diambang kepunahan.

Jenis-jenis Ikan Arwana ikan arwana hias air tawar


Mencari ikan hias jenis arwana air tawar untuk saat sudah cukup mudah, di kota kota besar tela hbanyak penjual ikan jenis arwana ini dipasar ikan 
Jenis-jenis Ikan Arwana
Jenis-jenis Ikan Arwana
Jenis ikan hias air tawar yang dinamakan arwana termasuk ikan primadona bagi para pecinta ikan hias, akan tetapi saat ini ikan Arwana mempunyai harga yang cukup tinggi jadi kurang pass bagi kita yang memiliki bajed pas-pasan. Jika anda tertarik ingin budidaya ikan arwana, alangkah baiknya anda kenali terlebih dahuli jenis - jenis ikan arwana air tawar berikut ini


Adapun Jenis- jenis ikan hias Arwana Antara lain :


Arwana Super Red 
Ikan arwana jenis ini berasal dari Propinsi Kalimantan Barat, saat ini anda bisa ditemukan cukup banyak di banyak wilayah kalimantan seperti Sungai Kapuas dam Sertaau Sentarum yang dikenal sebagai habitat asli ikan arwana jenis Super Red . Perairan ini adalah wilayah hutan gambut yang menciptakan lingkungan primitif bagi ikan purba tersebut.

Apakah anda sudah tau? Dominan warna merah pada Arwana Super Red tampak pada sirip ikan muda, pada bibir serta juga sungut. Warna merah bakal timbul di beberapa bagian tubuh lainnya saat ikan ini akan bernajak dewasa, warna merah itu khususnya pada tutup insang serta pinggiran sisik, jadi tubuh ikan akan terkesan berwarna merah.

Arwana Super Red dikelompokkan menjadi empat jenis:
  • Blood Red
  • Chili Red
  • Orange Red
  • Golden Red).

Arwana Cross Back Golden 
Arwana jenis ini sudah dijumpai di beberapa wilayah di Malaysia, seperti Perak, Trengganu, Sertaau Bukit Merah serta Johor. Ikan Arwana air tawar jenis ini namanya sesuai dengan daerah sumbernya seperti Golden Pahang, Bukit Merah Blue alias Malaysian Gold.

Cross Back Golden adalah ciri bagi ikan Arwana ar tawar jenis ini yaitu saat dewasa mempunyai warna emas penuh sampai melalui punggungnya. Ikan jenis ini masih jarang kita jumpai dipasar ikan dan saat ini untuk mendapatkan ikan ini juga sangatlah sulit sebab terbukti hanya masih sedikit dialam dan belum terlalu banyak dibudidayakan.

Arwana Cross back Golden dibagi menjadi beberapa jenis:
  • Purple-Based
  • Blue-Based
  • Gold Based
  • Silver-Based
Arwana Jardini 
Ikan arwana air tawar jenis ini banyak ditemukan di wilayah irian alias papua, warnanya kecoklatan dengan bagian tengah sisiknya berwarna kuning keemasan. Ikan arwana air tawar ini juga sering ditemui di Australia

Green Arwana / Golden Pino
Jenis ikan Arwana arwana satu ini banyak ditemui diwilayah Asia seperti di Thailand, Malaysia, Myanmar, Komboja, serta Indonesia.

Jenis arwana yang memiliki naman Green Arwana memiliki ciri-ciri berwarna abu-abu kehijauan serta memiliki pola garis-garis berwarna gelap pada bagian ekornya

Red Tail Golden 
Jenis ikan Arwana air tawar ini sering dijumpai di daerah Pekan Baru, Sumatera. Sebagi indormasi Warna emas pada varietas ini tak akan berkembang sampai melalui punggung akan tetapi hanya akan mencapai baris ke empat sisik.

Red Tail Golden
Jenis Arwana Asia yang tak sedikit menghuni sungai berair keruh, hidup di air mengalir melalui rawa-rawa hutan serta lahan basah yang bergerak lambat. jenis Arwana ini saat masih muda akan memakan serangga, sementara yang telah besar memakan ikan ikan lainnya. Saat ini Jenis arwana ini statusnya sebagai spesies yang terancam punah.

Arwana Banjar Merah
Jenis arwana air tawar ini boleh dikatakan sebagai varietas arwana merah kelas 2 . Ikan satu ini memiliki Ciri-ciri antara lain warna sirip yang orange pucat, ekor orange atau kuning, serta sudah mempunyai warna merah di badan maupun di kepala bagian sisi. Arwana Banjar Merah mempunyai bentuk kepala yang cenderung membulat dengan mulut yang tak terlalu lancip

Bagaimana? apakah anda sudah paham dengan jenis ikan Arwana yang ada di indoneisa saat ini?

Sebenarnya Ada tipe jenis lain dari ikan hias Arwana akan tetapi yang ini tak tepat untuk dipelihara di akuarium sebab ukurannya yang terlalu besar seperti Arwana Black serta Silver yang bisa mencapai 60 cm serta 90 cm. dn jenis Arwana Araipama Gigas malah lebih besar lagi bisa mencapai panjang 3 meter.

Saat ini berjualan jenis ikan Arwana masih menjadi peluang usaha yang menjanjikan untuk memperoleh untung besar, akan tetapi yaang harus anda ingat adalah anda harus menyiapkan modal yang cukup besar untuk mengawali usaha penjualan ikan Arwana. Apabila satu ikan arwana  harganya mencapai jutaan rupiah, silahkan dihitung sendiri berapa modal yang harus anda keluarkan untuk bisnis budidaya ikan arwana

Demikian artikel yang bisa kami tulis mengenai Jenis-jenis ikan arwana di Indonesia .Bagaimana? Apakah anda berminat ingin memelihara ikan arwana ini? semoga  apa yang sudah kami tulis bisa bermanfaat bagi kita semua. Salam Peternak Indonesia!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar