Sunday, March 19, 2017

Kandang Sapi Perah Jenis Tunggal dan Ganda

Ternak Pertama - Kandang Sapi Perah Jenis Tunggal dan Ganda - Kandang sapi perah yang benar merupakan hal yang sangat penting sebagai salah satu keberhasilan dalam beternak sapi, pemembuat an kandang yang benar dan sesui prosedur sangat memengaruhi pertumbuhan dan kesehatan sapi tersebut. Seperti yang kita tahu hampir seluruh waktu dihabiskan sapi perah di dalam kandangnya. Untuk itu, buatlah kenyamanan dan kesesuaian kandang dengan kondisi yang baik dimulai dari segi jumlah maupun perbedaan jenis, sangat penting untuk dipertimbangkan. Dalam beternak sapi perah umumnya ada dua tipe atau jenis kandang yang bisa anda pakai. Yang pertama merupakan kandang Jenis tunggal dan yang kedua adalah jenis kandang sai perah ganda.

Kandang Sapi Perah Jenis Tunggal dan Ganda
Kandang Sapi Perah Jenis Tunggal dan Ganda

Inilah Kandang Sapi Perah Jenis Tunggal dan Ganda Yang Perlu Anda Ketahuai


  • Kandang ini mempunyai ukuran luas yang disesuaikan dengan bentuk tubuh sapi perah. Umumnya kandang dibangun atau dibuat dengan panjang 1,6 hingga 2,5 m dan lebar hingga 1,5 m. Tidak hanya memperhitungkan kenyamanan ternak sapi perah saat berada di dalam kandang, ukuran juga dipengaruhi oleh pertimbangan kemudahan aktivitas dari peternak.
  • Kandang sapi jenis tunggal dikenal juga dengan nama kandang induk. Nama ini berasal dari peruntukkannya yang dipakai sebagai tempat pemeliharaan sapi perah indukan. Usia sapi perah pada kandang tipe ini biasanya sudah lebih dari usia 1 tahun.
  • Kandang tungga harus terdiri atas satu baris kandang. Dalam setiap baris, tersedia berbagai ternak sapi yang masing-masing dipisahkan dengan sekat yang pendek. Ukuran tinggi sekat bisa mencapai 1 m. Tetapi, ukuran ini tergantung pada tinggi tubuh sapi perah.
  • Setiap sekat kandang diwajibkan mempunyai lebar yang kurang bagi peternak untuk keluar dan masuk ke dalam kandang. Kandang tak boleh sempit. Ruangan kandang harus muat untuk kegiatan membersihkan kandang dan memerah susu.
  • Setiap ekor sapi ditempatkan dengan arah kepala yang sama. Untuk bagian depan tersedia pula palung yang bermanfaat sebagai wadah pakan dan minuman. Sedangkan, untuk bagian belakang kandang dibekali dengan selokan sebagai tempat pembuangan kotoran.
  • Untuk menghindari perselisihan antara sapi yang berada dalam satu kandang, setiap sapi perah biasanya diikat dengan tali yang dikaitkan pada bagian lantai depan. Dengan demikian, posisi kepalanya akan tetap terjaga dengan baik ke arah yang sama. Karena biasanya sesama indukan terbukti kerap saling menantang.  


  • Kandang Sapi perah Jenis ganda atau biasa disebut kandang sapi perah model box stall, sesuai namanya, terdiri dari dua baris kandang. Secara utuh bentuk kandang sapi perah modeo ini akan terlihat seperti panggung yang berkapasitas pendek. Tinggi panggung tak lebih dari 150 cm.
  • Jenis kandang ini biasanya dibangun dan dibuat dari bahan kayu. Tujuannya supaya ternak merasa lebih hangat. Kandang sapi jenis ganda ini mempunyai panjang 150 cm dengan lebar 100 cm. Akan tetapi sama halnya dengan tipe kandang sapi tunggal, ukuran luas bangunan bisa disesuaikan dengan bobot dan besar tubuh ternak sapi yang dipelihara.
  • Ternak sapi yang dipelihara dalam kandang ini, diletakkan harus secara berlawanan. secara berseling, setiap sapi perah bisa menghadap ke arah luar atau ke dalam kandang. Masing-masing sapi perah diberi jarak 2 m. Tujuannya adalah sebagai jalur bagi peternak untuk keluar dan masuk ke dalam kandang.
  • Kandang ganda biasanya dibangun dan dibuat untuk merawat sapi perah betina yang berada pada masa laktasi. Kandang sapi perah jenis ini dikenal lebih efisien sebab menghemat tempat.
  • Kandang tipe ganda biasanya mempunyai tempat pakan di kedua bagian sesi bangunannya.
  • Bagi peternak sapi perah jenis atau tipe kandang sapi perah ganda ini termasuk yang paling disukai. Sebab mempermudah dalam jalan masuk pemerahan susu dari setiap sapi. Tidak hanya itu, selokan penampung kotoran yang terletak di tengah juga mempermudah proses pembersihan kandang.  
Kesimpulan !
Kedua Jenis kandang sapi perah yakni jenis kandang tunggal dan jenis kandang ganda tersebut bisa dipakai sesuai pertimbangan keperluan dari anda para peternak sapi perah. Hal lain yang sangat penting untuk dipersiapkan adalah lokasi tangki air sebagai sumber air bersih, penempatan pakan, dan bahan yang bakal dipakai sebagai atap dan lantai bangunan kandang. Kemudian, pastikan juga kandang harus bisa melindungi sapi perah dari segala bentuk gangguan eksternal.

Baca Juga :
Demikian artikel mengenai " Kandang Sapi Perah Jenis Tunggal dan Ganda " yang bisa kami sampaikan. Semoga apa yang sudah kami tulis bisa bermanfaat bagi kita semua. Salam Peternak Indonesia.

Kandang Sapi Perah Jenis Tunggal dan Ganda
4/ 5
Oleh