Skip to main content

Cara Membuat Probiotik Alami Untuk Ternak

Cara Membuat Probiotik Alami Untuk - Pemakaian probiotik untuk memperbaiki kualitas produktivitas ternak merupakan sesuatu hal yang harus diperhatian oleh para peternak. Arti Probiotik di sini dijelaskan sebagai sebuah substrat mikroorganisme, yang mana akan diberikan hewan ternak lewat pakan serta memberikan efek positif dengan cara membenahi keseimbangan mikroorganisme alamiah di dalam saluran pencernaanya. Pemberian probiotik pada ternak dalam periode pertumbuhan akan lebih maksimal. Sebelum kami memberikan cara bagaimana membuat probiotik sendiri untuk ternak, sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu probiotik-probiotik untuk ternak sapi anda

Probiotik Untuk Ternak


Pemakaian probiotik sekarang telah menunjukkan perkembangan yang sangat pesat pada ternak, sebagai pengganti antibiotik. Probiotik yang umum serta aman dipakai untuk ternak, yaitu: Aspergillus niger, A. oryzae, Bacillus coagulans, B. lentus, B. pumilus, Bacteriodes amylophilus, B. ruminocola, Lactobacillus acidophilus, L. brevis, Leuconostoc mesenteroides, Pediococcus acidolacticii, Propionibacterium shemanii, Sacharomyces cereviseae, Streptococcus cremoris, S. faecium, S. lactis serta S. thermophilus.

Cara Membuat Probiotik Alami
Cara Membuat Probiotik Alami
Di indonesia, terutama pada ternak ruminansia seperti sapi atau kambing mayoritas pemberian pakannya hanya berdasarkan kuantitas bukan berdasarkan kualitasnya. Pemberian pakan ternak berkualitas rendah benar-benar membutuhkan mikroorganisme selulolitik dalam jumlah tinggi supaya induk kelak dapat memanfaatkan pakan hijauan atau limbah pertanian seefisien mungkin dalam menghasilkan gizi yang diperlukan oleh ternak.

Berbeda dengan ternak monogastips, probiotik pada ternak ruminansia tidak hanya digunakan pada saluran pencernaan bagian belakang (usus), juga diaktifkan dibagian saluran pencernaan bagian depan (rumen, retikulum serta omasum). Mikroorganisme selulolitik berperan pada pencernaan pakan berserat kasar tinggi, jadi ruminansia lepas sapih memerlukan probiotik, baik yang diaktifkan di saluran pencernaan bagian depan yang bertujuan untuk membantu perkembangan ekosistem rumen, maupun di saluran pencernaan bagian belakang untuk menghindari terjadinya diare dampak stres perubahan pakan alias bakteri patogen.


Cara Membuat Probiotik Alami Untuk Ternak

  • Bahan yang digunakan dalam pembuatan probiotik ini merupakan campuran antara sumber mikrobia pemecah serat yang didapatkan dari isi rumen sapi dan kompos, siap pakai dari kotoran domba. Isi rumen sapi dapat diperoleh dari Rumah Potong Hewan di kota Anda.
  • Proporsi isi rumen sapi dan kompos dalam campuran yang diinkubasikan adalah 5 : 4 kemudian ditambahkan air secukupnya sehingga media tersebut berbentuk “slurry”.
  • Selanjutnya campuran tersebut diinkubasikan secara anaerob pada temperatur ruang selama 14 hari. Hasil inkubasi disaring, kemudian dikering mataharikan, kemudian di oven pada suhu 70-80 °C selama 48 jam.
  • Bahan campuran tersebut yang sudah kering selanjutnya digiling dan disaring melalui saringan berdiameter 1 mm dan disimpan dalam kantong plastik tertutup.

Bahan ini merupakan campuran berbagai mikroba pemecah serat yang kemudian dapat digunakan untuk campuran pakan atau digunakan untuk memfermentasi pakan ternak anda.

Karakteristik dan kriteria yang aman dari probiotik:
  • Nontoksik dan nonpatogenik
  • Mempunyai identifikasi taksonomi yang jelas
  • Dapat hidup dalam spesies target
  • Dapat bertahan, berkolonisasi dan bermetabolisme secara aktif dalam target yg ditunjukkan dengan: Tahan terhadap cairan pencernaan dan empedu, Persisten dalam saluran pencernaan, Menempel pada ephitelium atau mucus, Berkompetisi dengan mikroflora inang, Antagonis terhadap patogen, Dapat merubah respon imun, Tidak berubah dan stabil pada waktu proses penyimpanan dan lapangan, Bertahan hidup pada populasi yang tinggi, Mempunyai sifat organoleptik yang baik (Gaggia et al., 2010).

Berikut ini adalah beberapa contoh probiotik komersial:

  1. Starbio.
  2. EM4, Probion, Bioplus
  3. SOC (Suplement Organic Cair) dari. PT Hidup Cerah Sejahtera (PT. HCS).
  4. Probiotik Tangguh dari PT. Natural Nusantara (NASA)
Seperti yang sudah kita jelaskan diawal bawha Penambahan probiotik akan memberikan efek stimulasi pada bakteri rumen yang berpengaruh pada peningkatan perombakan asam laktat sehingga mengakibatkan stabilisasi pH rumen, peningkatan penggunaan amonia yang berperan dalam peningkatan sintesis protein oleh mikroba, peningkatan populasi mikroba yang memberi pengaruh pada peningkatan kecernaan bahan serat sehingga berimbas pada peningkatan konsumsi pakan dan suplai substrat ke usus halus yang berpengaruh pada peningkatan respon produksi

Cara kerja probiotik terutama melalui modifikasi populasi bakteri usus dan efektivitasnya tergantung atas status mikroba pada satu kelompok ternak dan pada individu ternak. Dengan demikian, dapat dimengerti jika efek yang terjadi mempunyai variasi yang tinggi.

Cek Juga !

Harga Kambing Hari Ini

Sumber:
* Haryanto, B., I.W. Mathius, D. Lubis Dan M. Martawidiaya. 1997. Manfaat Probiotik Dalam Peningkatan Efisiensi Fermentasi Pakan Di Dalam Rumen. Balai Penelitian Ternak. Bogor. Seminar Nasional Peternakan dan Veteriner.
* Estrada, A. 1997 . Advances In Feed Products Through Probiotics . Feed Notes. A Publication Of The Prairie Feed Resource Center . University Of Saskatchevan. Canada.
* Gaggia, F., P. Mattarelli And B. Biavati. 2010. Probiotic and prebiotics in animal feeding for safe food production. Intl. J. Food Microbiol. 14: 515 – 528.
* Pamungkas, D. dan P. N. Anggraeny. 2006. Probiotik Dalam Pakan Ternak Ruminansia. Loka Penelitian Sapi Potong, Jl . Pahlawan No. 2 Grati, Pasuruan. Wartazoa Vot. 16 No . 2 Th.
* Shin, Tai, Hyung, Sung, Kyun, Kwan and Choong, Ang. 1989. Effect of CYC on the performance of dairy, beef cattle and swine. Seoul, Korea

Demikian informasi tentang " Cara Membuat Probiotik Untuk Ternak " yang bisa kami jelaskan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar