Skip to main content

Cara Budidaya Bunga Kenanga Yang Benar

Ternak PertamaCara Budidaya Bunga KenangaBunga kenanga merupakan bunga yang memiliki aromanya yang wangi semerbak. Selain itu bunga kenanga juga mempunyai warna bunga yang indah dan cantik, perpaduan kombinasi warna putih kekuningan membuat bunga ini semakin indah dan sangat enak dilihat mata. Asal kalian tau bunga ini memiliki nama latin cananga odorata, dan masuk ke dalam keluarga annonaceae yang memiliki ciri khas pertumbuhaanya yang sangat cepat.

Selain digunakan sebagai tanaman hias, ada potensi juga untuk mendapatkan keuntungan dengan budidaya bunga kenanga. Bunga ini banyak dicari untuk dijadikan sebagai bahan membuat parfum atau wewangian di dalam rumah, begitu pula di kalangan masyarakat biasanya bunga kenanga ini banyak digunakan sebagai bunga tabur di pemakaman. Nah bagi bapak atau ibu yang berencana akan budidaya bunga kenangan silahkan baca artikel kami berikut ini



Apakah ada sudah tau bahwa buah kenangan yang ikut terambil pada saat pemetikan bunga ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bibit. Cara ini mungkin tidak banyak diketahui oleh para petani bunga, karena hanya sebagian kecil saja yang menggunakan metode ini. Kebanyakan untuk mendapatkan bibit umumnya dengan cara stek ataupun cangkok dari tanaman yang sudah berumur.

Bunga Kenanga
Bunga Kenanga
Pohon bunga kenangan bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 20 m. Meskipun minim perawatan pohon yang ditanam dari biji mampu mengeluarkan bunga secara terus menerus. Hal ini tentu berbeda bila bibit didapatkan secara stek atau cangkok. Apabila Anda tertarik untuk membudidayakan tanaman ini berikut adalah panduannya lengkap

Panduan Lengkap Bagaimana cara budidaya bungan kenanga.


Memilih Lokasi Tanan

Tidak bisa dipungkiri bahwa lokasi tanam menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan anda dalam budidaya tanaman. Begitu juga ketika menanam bunga kenanga, pemilihan lokasi tanam harus diperhitungkan dengan baik. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik bila ditanam di daerah dengan ketinggian tidak lebih dari 500 meter dari permukaan laut.

Selain itu kondisi tanah juga harus diperhatikan. Mulailah mencari tanah yang memiliki drainase yang bagus serta tidak mengandung lapisan cadas. Hal ini untuk mendukung agar akar tanaman bisa masuk menembus ke dalam lapisan tanah. Asal bapak/ibu ketahui Bunga kenanga merupakan tanaman yang menyukai iklim yang lembap dan panas.

Memilih Bibit Bunga Kenanga

Bibit bunga kenanga bisa anda didapatkan dengan banyak cara diantaranya melalui stek batang, cangkok, atau melalui biji tanaman. Pada kesempatan kali in kami akan menjelaskan bagaimana budidaya bunga kenanga dengan menggunakan pembibitan dengan biji tanaman. Pertama mulailah Pilih buah kenanga yang sudah tua, Salah satu ciri-cirinya adalah memiliki warna kulit yang sudah menghitam. Setelah itu masukan semua biji tersebut ke dalam karung dan diamkan selama 5 hari.

Cara Budidaya Bunga Kenanga
Cara Budidaya Bunga Kenanga
Kemudian setelah kulitnya melunak maka Anda tinggal mengeluarkan bagian bijinya dengan cara memencetnya secara perlahan-lahan. Lau Cuci biji yang sudah dikeluarkan tadi dengan air sampai bersih kemudian keringkan dengan cara diangin-anginkan selama sehari semalam. Setelah itu Anda bisa menyemaikan baiji pada media semai yang dibuat dari campuran tanah dan pupuk organik dengan perbandingan 1:1.Lahan penyemaian wajib diletakan ditempat yang sejuk dan teduh.

Setelah semua selaesai siram benih setiap hari sampai sekitar satu minggu benih akan mulai mengeluarkan kecambah. Umumnya setelah berumur 6 bulan bibit akan mencapai ketinggian 30 cm, hal itu menunjukan bahwa bibit bunga kenanga telah siap untuk ditanam di ladang ataupun media tanam yang lain.

Cara Penanaman Bunga Kenanga

Alangkah baiknya jika penanaman bunga kenanga dilakukan ketika awaal musim hujan. Untuk lubang tanam sangat dianjurkan sudah dibuat 1 bulan sebelum masa tanam. Buatlah Ukuran lubang tanam 60 cm x 60 cm x 60 cm. Kemudan atur jarak tanam 8x 8 meter. Jarak tanam ini bertujuan untuk mengantisipasi ketika pohon kenanga tumbuh besar.

Cara Penanaman Bunga Kenanga
Cara Penanaman Bunga Kenanga
Bila Anda rajin memotong dan memangkas pohon jarak tanam bisa disesuaikan menjadi 6 x 6 meter. Sebelum cara memasukan bibit kenagan ke lubang tanam bagusnya lubang diisi terlebih dahulu dengan pupuk kemudian baru bibit bunga kenanga nya dimasukan. dan Jangan sampai lupa untuk melepaskan plastik yang telah anda gunakan untuk menyemaikan bibit tersebut.

Manfaat Bunga Kenanga

Apak anda tau apa manfaat bunga kenanga ? Asal bapak/ibu tau Bunga yang terkenal dengan baunya wangi ini memang memiliki beragam manfaat, tak heran jika saat ini banyak masyarakat yang menanam bunga kenanga di pekarangan rumahnya. Terutama bagi masyarakat yang berada di daerah Jawa bunga kenanga mempunyai arti tersendiri, maka dari itu mangkanya bunga ini sering anda diliat pada saat ada upacara adat. Penasaran apa saja manfaat bunga kenanga itu?

Manfaat Bunga Kenanga
Manfaat Bunga Kenanga
Baiklah, berikut kami sampaikan apa saja manfaat bunga kenanga yang telah kami rangkum dari berbagai sumber baik media cetak maupun media online,

Bunga Kenanga Bermanfaat Sebagai Aromaterapi

Kandungan minyak atsiri yang ada di dalam bunga kenanga bisa anda jadikan sebagai salah satu bahan alternatif untuk membuat parfum aroma terapi. Aroma yang dikeluarkan bunga ini akan memberikan efek pada kinerja kelenjar adrenalin yang ada pada sistem syaraf.

Pada akhirnya aroma tersebut akan memberikan efek yang menimbulkan perasaan tenang, senang, serta menghilangkan perasaan panik, gelisah, maupun marah.

Bunga Kenangan Sebagai Bahan Luluran

Sejak zaman dulu bunga ini sudah dimanfaatkan sebagai bahan untuk kecantikan. Terutama untuk kalangan bangsawan yang menggunakan bunga kenanga sebagai bahan perawatan tubuh misalnya sebagai bahan luluran dan masker wajah. Dengan memanfaatkan kandungan minyak yang ada di dalam bunga ini akan memberikan manfaat yang luar biasa untuk kulit. Salah satunya akan membuat kulit semakin mulus, kencang, halus dan cantik berseri.

Bunga Kenangan Mencegah Bau Badan

Bagi Anda yang mempunyai masalah bau badan, tidak ada salahnya untuk mencoba pengobatan dengan bunga kenanga. Caranya adalah menyiapkan sekitar 15 gram bunga kenangan, 600 cc air putih dan sedikit gula batu. Rebusa ketiga bahan tersebut sampai air mendidih dan hanya menyisakan sebagian saja. Setelah itu minum air rebusan tersebut secara teratur.

Batuk merupakan penyakit yang sering menyerang ketika terjadi pergantian musim. Meskipun tidak berbahaya bila terkena batuk dan flu akan sangat menganggu aktivitas Anda. Oleh sebab itu Anda bisa mencoba mengobati penyakit tersebut dengan memanfaatkan bunga kenanga.

Cara pembuatannya cukup mudah, Anda hanya perlu merebus sekitar 15 gram bunga kenangan dengan air sampai mendidih. Kemudian saring air rebusan tersebut akan bisa memisahkan ampasnya. Minum air rebusan tersebut secara teratur sampai batuk yang Anda derita sembuh.

Nah itu tadi mengenai manfaat dan cara budidaya bunga kenanga yang benar. Semoga artikel singkat tentang " Cara Budidaya Bunga kenanga yang benar "  bisa bermanfaat bagi kita semua dan yang pasto semoga bisa memberikan kita pengetahuan yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar