Wednesday, January 4, 2017

Konsultasi Teknis : Kenapa Ayam Broiler Mati Mendadak?

Ternak Pertama - Sesui dengan  komitmen ternakpertama.com untuk berkontribusi membantu para peternak yang membutuhkan solusi  atas berbagai masalah yang dihadapi seputar peternakan. Kami siap menjawab pertanyaan tersebut sesuai dengan ilmu dan pengalaman yang kami miliki selama ini.

Permasalahan mati mendadak pada ayam broiler menjelang panen kerap kali menjadi pertanyaan para pembaca buku Panduan Lengkap Ayam Broiler. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas salah satunya pertanyaan dari Bapak Yohanes di NTT.


Konsultasi Teknis : Kenapa Ayam Broiler Mati Mendadak?


Bapak Yohanes di NTT

Pertanyaan:

Seringkali setiap mendekati umur panen, ada beberapa ekor ayam yang mati mendadak. Sebegian besar ayam terlihat sehat (tidak menunjukan gejala ayam sakit) karena masih aktif dan nafsu makan masih bagus, namun tiba-tiba nafsu makan turun serta beberapa ayam mengalami kejang dan mengalami muntah darah, beberapa ayam lainnya terlihat lemah dan kotorannya berwarna hijau. Kira-kira dengan gejala seperti tersebut di atas apakah ayam saya sakit? Selanjutnya bagaimanakah penangannya?

Jawab:

Kenapa Ayam Broiler Mati Mendadak
Kenapa Ayam Broiler Mati Mendadak
Gejala ayam nampak sehat mati mendadak berdasarkan pengalaman kami bisa disebabkan karena beberapa hal antara lain heat stess, penyakit gumboro dan Leucocytozoonosis atau malaria like. Namun apabila dianalisis dari gejala klinis yang disampaikan, dimana beberapa ayam mengalami muntah darah dan kotorannya berwarna hijau, maka diagnosa sementara kami adalahan mengarah pada serangan Leucocytozoonosis atau malaria like. Namun sebaiknya untuk memperkuat analisa diperlukan bedah bangkai untuk melihat perubahan patologi anatomi broiler yang terserang penyakit. Bahkan jika perlu, lakukan uji sampel darah di laboratorium.

Leucocytozoonosis adalah penyakit yang menyerang unggas yang disebabkan oleh parasit Leucocytozoon sp. Parasit ini hidup di dalam sel-sel darah merah dan ditularkan dari ayam sakit ke ayam sehat oleh lalat hitam (Simulium sp.) melalui gigitan. Penyakit ini jamak terjadi pada pergantian musim atau musim hujan karena dipengaruhi oleh tingginya populasi lalat pada musim-musim tersebut. Kasus malaria like dilapangan cukup sering menyerang ayam broiler saat sudah mendekati umur panen (rata-rara 29-35 hari).

Selain muntah darah dan kotoran hijau, gejala klinis lain dari serangan Leucocytozoonosis di antaranya adalah ayam hilang nafsu makan secara tiba-tiba, beberapa terlihat pucat, dan pada beberapa kasus mengalami kelumpuhan. Pada ayam kecil, tingkat kematianya sekitar 7-50%, sedangkan pada ayam dewasa sekitar 2-60%. Kematian pada ayam besar tentunya sangat merugikan karena dapat dipastikan FCR akan sangat membengkak. Jika ayam dibedah, ayam yang terkena Leucocytozoonosis akan ditemukan bintik (perdarahan titik) di hampir seluruh organ dalam, seperti hati, paru-paru, limpa, thimus, ginjal, pankreas, usus, otak, otot dada, dan otot paha. Selain itu, pada bagian rongga perut dan saluran pernapasan juga sering dijumpai adanya gumpalan darah.

Pengobatan
Pengobatan penyakit Leucocytozoonosis  antara lain dengan Preparat sulfa seperti Sulfadiazine dll.

Pencegahan
Pencegahan dilakukan dengan perbaikan sanitasi terutama pembersihan lingkungan yang memunggkinkan hidupnya fektor terutama genangan air yang dapat digunakan untuk perkembangbiakan nyamuk, perbaikan irigasi, perbaikan manajemen pemeliharaan.

Untuk periode pemeliharaan berikutnya, guna mencegah serangan Leucocytozoonosis atau malaria like terulang kembali, sebaiknya lakukan tindakan pengendalian lalat antara lain dengan:
  1. Membersihkan feses (kotoran ayam) minimal satu minggu sekali untuk memutus siklus perkembangbiakan lalat;
  2. Menambahkan kapur tohor pada permukaan sekam (litter) atau feses yang lembab sehingga tidak menjadi tempat bagi lalat berkembangbiak;
  3. Segera menyingkirkan bangkai ayam mati agar tidak memicu lalat untuk datang ke kandang.
  4. Mengendalikan populasi lalat yang sudah terlanjur banyak berkeliaran di sekitar kandang menggunakan obat pembasmi lalat.

Bagi Bapak/ibu yang membutuhkan buku peternakan dengan Judul "99% Gagal Beternak Ayam Broiler" dapat membeli atau memesan ke ternakpertama.com melalui :
  • Email : Ternakpertamaku@gmail.com
  • WA/SMS : 089515248576
  • PIN : 5FC2289D
Format Pemesanan : Ketik Nama#Alamat#judulbuku#jumlahpemesanan 

Kirim Ke : ternakpertamaku@gmail.com  | Sms/WA : 089515248576 | PIN : 5FC2289D

Contoh : Adi Faisal#jln Ahmad Yani No.662 Desa Ciapus Kecamatan Bandung Kabupaten Bandung Jawa Barat#99% Gagal Beternak Ayam Broiler#5

Judul Buku : 99% Gagal Beternak Ayam Broiler


Judul Buku : 99% Gagal Beternak Ayam Broiler
Judul Buku : 99% Gagal Beternak Ayam Broiler

Harga : Rp. 70.000,- | Beli Sekarang = Rp. 57.000

Penulis : Edy Ustomo, S.Pt

Penerbit : Penebar Swadaya

Tahun : 2016

Product Description

Ayam yang dipelihara tiba-tiba mati, bobot ayam tidak sesuai umurnya, atau biaya pakan membengkak tidak sebanding dengan hasil penjualan ayam. Beberapa masalah tersebut sering dialami oleh para peternak ayam broiler, terutama mereka yang masih pemula. Menjalankan usaha peternakan ayam broiler sebenarnya tidaklah sulit. Namun, jika salah dalam mengelolanya maka bukan untung yang diperoleh, tetapi kegagalan panen yang berujung tidak kembalinya modal usaha alias merugi.

Buku 99% Gagal Beternak Ayam Broiler ini menjawab satu per satu permasalahan yang sering menghampiri usaha peternakan ayam broiler. Disajikan dengan bahasa yang praktis dan berdasarkan pengalaman praktisi sehingga membuat pembaca mudah mengerti dan mengaplikasikannya. Sangat cocok dibaca bagi peternak yang ingin usahanya berkembang dan bagi mereka yang akan terjun dalam usaha ternak ayam broiler

Judul Buku : 99% Gagal Beternak Ayam Broiler


Buku Peternakan : Panduan Lengkap Ayam Broiler
Buku Peternakan : Panduan Lengkap Ayam Broiler

Harga : Rp. 80.000,- | Beli Sekarang = Rp. 70.400

Diskripsi :

Daging ayam merupakan daging favorit karena hampir semua orang di Indonesia gemar makan daging ayam. Ditambah lagi, semakin tingginya kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengonsumsi pangan bergizi menyebabkan permintaan daging ayam terus meningkat setiap tahunnya.

Oleh karena itu, berbisnis ayam broiler yang notabeneadalah ayam potong menjadi peluang menjanjikan untuk dikembangkan.Menjadi peternak ayam broiler sebenarnya tidak sulit, asal tahu caranya.

Buku ini menjadi panduan bagi siapa saja yang ingin beternak ayam broiler karena isinya praktis dan aplikatif. Bahkan, di dalamnya dibahas mengenai panduan kegiatan yang harus dilakukan oleh peternak, mulai dari persiapan kandang hingga pemeliharaan hari per hari sampai panen.

Dijelaskan pula mengenai bentuk usaha, strategi pemasaran, dan yang tak kalah pentingnya adalah solusi permasalahan yang sering dihadapi peternak dalam memelihara ayam broiler

Demikian Informasi tentang "Kenapa Ayam Broiler Mati Mendadak?" yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam Sukses Peternak Indonesia.
Konsultasi Teknis : Kenapa Ayam Broiler Mati Mendadak?
4/ 5
Oleh