image Cara Mengatasi Amonia Pada Kandang Ayam - Ternak Pertama



Ternak Pertama Menyediakan Berbagai Sarana dan Prasarana Unggas Dapat di Kirim ke Seluruh Wilayah Indonesia Bonus Ebook dan Gratis Konsultasi Selamanya Email : ternakpertamaku@gmail.com | Sms/WA : 089515248576 | PIN : 5FC2289D Bagi Yang Berminat Menjadi Agen Silahkan Hub Kami

Cara Mengatasi Amonia Pada Kandang Ayam

Ternak Pertama - Cara Mengatasi Amonia Pada Kandang Ayam - Masalah klasik pada peternakan ayam adalah bau yang berasal dari kotoran dan pertumbuhan lalat yang tidak terkendali. Bau kotoran bisa menyebabkan timbulnya masalah sosial, khususnya untuk kandang yang dekat dengan hunian/perumahan. Kasus yang banyak dijumpai di lokasi peternakan yaitu peternakan terancam ditutup karena masalah bau dan lalat memicu ketidaknyamanan masyarakat sekitar, belum lagi dengan munculnya berbagai penyakit pernapasan yang menimpa ayam akibat dipicu oleh bau kandang tersebut.

Penyebab Bau Kandang
Pada peternakan ayam, kandang yang berbau menyengat utamanya bersumber dari gas amonia (NH3) yang dihasilkan kotoran ayam. Meski sebenarnya dari kotoran ayam bisa terurai gas beracun lain seperti H2S, CO2, dan metana, namun di antara gas beracun tersebut yang paling banyak menimbulkan masalah bagi kesehatan dan produktivitas ayam, serta pemukiman adalah amonia. Menurut hasil penelitian, dalam satu hari, seekor ayam rata-rata bisa mengeluarkan kotoran sebanyak 0,15 kg, dan dari total kotoran tersebut biasanya terkandung nitrogen 2,94%. Sisa nitrogen inilah yang nantinya akan menjadi sumber amonia.

Cara Mengatasi Amonia Pada Kandang Ayam
Cara Mengatasi Amonia Pada Kandang Ayam
Selain faktor suhu dan kelembaban, ada faktor lain yang turut serta meningkatkan akumulasi gas amonia, di antaranya akibat sirkulasi udara dalam kandang yang tidak lancar, populasi ayam yang terlalu padat, serta manajemen pemeliharaan ayam yang kurang baik. 

Kasus yang banyak dijumpai antara lain pada kandang postal kotoran ayam menumpuk hingga berminggu-minggu, padahal alas kandangnya tipis dan sudah sangat lembab/belum diganti atau ditambah litter baru. Demikian juga pada kandang layer produksi (kandang batre) terkadang kotoran di kolong kandang menumpuk dan terkena air, baik air minum maupun air hujan, sehingga menyebabkan bau yang sangat menyengat.

Pengaruh Amonia Terhadap Kesehatan Ternak
Gas amonia mempunyai daya iritasi tinggi bagi ternak, terutama ternak ayam, sehingga bisa memicu infeksi penyakit pernapasan dan menurunkan produktivitas ternak. 


Bagaimana mengatasi amonia dan lalat di kandang?


Peternak harus bisa mengendalikan kadar amonia di kandang melalui berbagai tindakan antara lain:

Cegah kejadian wet dropping (kotoran basah) atau diare

Amonia akan cepat terbentuk jika kondisi kotoran basah dan lembab. Cara pencegahannya yaitu dengan:

  • Mengatasi kasus infeksi pencernaan (penyakit necrotic entritis, koksidiosis, colibacillosis, dll) yang menyerang ayam dengan segera 
  • Menyesuaikan asupan protein dan garam dalam ransum dengan kebutuhan ayam. 

Perbaiki manajemen pemeliharaan

Tatakelola pemeliharaan ternak perlu diperbaiki seperti pemilihan liter yang baik, cara pemberian minum, mengatur kepadatan kandang, mengatur sirkulasi udara supaya udara lancar dll. Lakukan manajemen pemeliharaan secara terpadu antara lain dengan mengatur sirkulasi udara (membuka tirai kandang), menambah sekam baru (untuk kandang postal), memberi kapur kemudian mengeruk kotoran ayam (untuk kandang panggung), dan menggunakan bahan tertentu yang mampu bekerja mengurangi amonia seperti MEGA FreshTM atau GAFPROTECTM yang mampu mengurangi Amoniak, MUSCAGAVTM, TOP KILLERTM, atau RALAT (Racun Lalat)TM,yang merupakan obat anti lalat. Jika diperlukan gunakan CRD-PlusTM  baik untuk pencegahan maupun pengobatan penyakit pernafasan dan pencernaan. Obat-obat tersebut tersedia di ternakpertama.com

Kesimpulan
Kualitas udara sangat mempengaruhi kondisi lingkungan dunia secara luas serta mengganggu kenyamanan hidup ayam di dalam kandang. Jika kualitas udara baik, maka ayam pun bisa tumbuh dan berproduksi dengan baik. Demikian pula sebaliknya. Oleh karena itu, peternak wajib mengurangi konsentrasi gas amonia yang mampu menurunkan kualitas udara di lingkungan kandang. 

Artikel terkait: 

Jika Berminat dan membutuhkan bantuan kami dalam hal pembelian produk peternakan, kami siap membantu anda dengan senang hati melalui 

  • Email : ternakpertamaku@gmail.com

*Setiap Pembelian produk akan disertai bonus Ebook Peternakan dan Konsultasi Gratis
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Amonia Pada Kandang Ayam"
Back To Top