Skip to main content

14 Kandungan dan Kasiat Susu Kambing Bagi Tubuh Anda

Ternak Pertama - Kandungan dan Kasiat Susu Kambing - Susu kambing merupakan susu yang dihasilkan oleh kambing betina setelah melahirkan. Selama jangka waktu kurang lebih  0-3 hari dihasilkan susu kolostrum yang mengandung sangat banyak zat gizi jika dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing pun biasanya dikonsumsi sekadarnya saja, atau lebih karena susu ini dianggap mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Susu kambing rata-rata banyak dikonsumsi di Timur Tengah sejak 7000 SM. Taukah Anda? Padahal, susu kambing memiliki protein terbaik setelah telur dan hampir setara dengan ASI. Susu kambing terbaik adalah susu yang segar (raw goat milk). susu kambing memiliki aroma yang khas bau prengus, hal tersebutdisebabkan oleh asam kaproat dalam susu kambing, namun bau ini dapat di kurangi dengan cara memberikan pakan tambahan seperti akar som jawa.

Komposisi susu kambing

Kandungan dan Kasiat Susu Kambing
Kandungan dan Kasiat Susu Kambing
Sebagi Contoh Kambing peranakan etawah memiliki komposisi susu yang teridi atas kadar protein 3,6%, lemak 6,17%, bahan kering 15,49%, dan BKTL 9,32%. Komposisi susu ini dapat dipengaruhi oleh perbedaan pakan dan perbedaan waktu pemerahan. Pemberian pakan yang kaya akan omega -3 dan omega-6 terhadap kambing mampu meningkatkan kandungan omega-3 dan omega-6 pada susu kambing, dan diharapkan adanya kesimbangan rasio omega3:omega6 dalam susu kambing yang bermanfaat untuk kesehatan. Produksi susu kambing tidak nyata dipengaruhi oelah interval pemerahan, namun memiliki kecenderungan bahwa interval 16:8 jam menunjukkan produksi susu yang lebih tinggi. sumber (wikipedia.org)

Baca Juga :

Cara Beternak Kambing Bagi Pemula


Berikut kami sampaikan Kandungan dan Kasiat Susu Kambing Bagi Tubuh Anda :
  1. Mengandung Zincum (Zn) pembentuk system kekebalan tubuh.
  2. Mineral Alkaline baik untuk penderita maag kronis.
  3. Zat Flourin serta betakasein baik bagi penderita Bronchitis, Asma, TBC, Pneumonia.
  4. Kandungan A2-betakasein dan Asam Amino Esensial pembentuk insulin berguna bagi penderita diabetes.
  5. Cynokobalamin pembentuk zat Hb bagi penderita Demam Berdarah, Anemia, Thalasemia.
  6. Kalium (K) berguna bagi penderita Arteriosclerosis, Tekanan Darah Tinggi maupun Darah Rendah.
  7. Enzim Xanthine Oxydase dan niasin (Vit B3) berfungsi mengatasi sel Kanker / Tumor dan mengurangi efek toksis kemoterapi.
  8. Kandungan Kalsium membantu pertumbuhan tulang dan mencegah Osteoporosis.
  9. Kandungan MCTnya (Medium Chain Trygliseride) berguna bagi program Dietary dan penyembuhan akibat stroke.
  10. Kaya dengan lactoglobulin penahan protein penyebab alergi.
  11. Tingkat keasaman yang menyerupai kulit dapat melembabkan dan mempercantik kulit.
  12. Mengandung mineral, belerang metionin, riboflavin (Vit B2) dan B3 yang menumbuh kembangkan sel otak serta system saraf bagi kecerdasan anak.
  13. Reboflavin (Vit B2) bermanfaat menurunkan frekuensi serangan migraine.
  14. Lactoferrin (LF), lactoperoxidase, lysozyme dan peptide dapat meningkatkan aktivitas CD4 dan sel T sebagai pembentuk kekebalan tubuh bagi penderita infeksi virus HI

Dikutip dari dr. Zen Djaja MD, Praktisi pengobatan herbal dan dr. Imelda Margaretha, Healt Consultan PT Diamond Interest International.

Cek Juga :

Harga Kambing Hari Ini


Demikian Artikel tentang " 14 Kandungan dan Kasiat Susu Kambing Bagi Tubuh Anda " yang bisa kami tulis, semoga menambah wawasan kita semua. Salam Peternak Indonesia/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar