image Cara Membuat Pakan Sapi Sendiri Dengan Mudah - Ternak Pertama



Ternak Pertama Menyediakan Berbagai Sarana dan Prasarana Unggas Dapat di Kirim ke Seluruh Wilayah Indonesia Bonus Ebook dan Gratis Konsultasi Selamanya Email : ternakpertamaku@gmail.com | Sms/WA : 089515248576 | PIN : 5FC2289D Bagi Yang Berminat Menjadi Agen Silahkan Hub Kami

Cara Membuat Pakan Sapi Sendiri Dengan Mudah

Ternak Pertama - Cara Membuat Pakan Sapi – Ternak sapi merupakan salah satu usaha peternakan yang saat ini memiliki prospek yang cerah baik dilakukan mandiri, kelompok atau bermitra dengan perusahaan. Selama ini banyak dari peternak sapi yang masih mengalami kegagalan ataupun merugi. Hal tersebut dikarenakan pengetahuan beternak yang masih minim atau masih otodidak, belum mengetahui cara yang benar dalam beternak sapi. Untuk itu bagi anda yang akan memulai bisnis ini kami sarankan membaca artikel ternakpertama.com dengan seksama, Insyallah jika anda ikuti langakah-langkahnya dengan benar keuntungan maksimal akan segera anda dapatkan. Mau coba? Silahkan baca artikel kami berikut ini :


Selain memahami cara beternak sapi dengan benar, Pakan Sapi merupakan salah satu kunci keberhasilan anda dalam beternak sapi. Teknik pemberian pakan sapi dengan jumlah yang sesuai serta pemilihan pakan yang pas merupakan sesuatu yang perlu anda perhatikan. Biasanya kendala yang sering dijumpai para peternak ada pada kesulitan dalam mencari pakan serta tingginya harga pakan sapi di pasaran. Untuk itu kali ini ternak pertama akan membahas Bagaimana cara membuat Pakan Sapi Sendiri ? Sebenarnya membuat pakan sapi sendiri itu mudah asalkan anda ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Membuat Pakan Sapi Sendiri Dengan Mudah


Seperti yang kita ketahui bersama, Sapi yang gemuk dan sehat memiliki kualitas dan harga jual sapi yang baik, Jelas hal tersebut pasti menjadi idaman bagi para peternak sapi karena bisa menambah keuntungan yang diperoleh dari harga jualnya.

Cara Membuat Pakan Sapi Sendiri
Cara Membuat Pakan Sapi Sendiri
Dan faktor itu jelas tidak terlepas dari pemberian pakan sapi yang tepat dan berkualitas pula. Sebab dari pakan sapi inilah penambahan bobot sapi bisa bertambah secara signifikan. Akan tetapi, seiring dengan harga daging sapi yang tinggi di pasaran domestik, acapkali membuat harga pakan sapi juga mengalami kenaikan juga. Sehingga membuat para peternak harus pintar berpikir bagaimana membuat pakan sapi sendiri yang sederhana,berbahan mudah ditemui dan terjangkau, tetapi masih mempunyai kualitas yang baik.

Inilah Langkah-langkah yang perlu anda perhatikan dalam membuat pakan sendiri

A. Jenis-jenis Pakan Sapi

Secara Umum, Pakan sapi terbagi menjadi dua yaitu

  • Hijauan 
  • Konsentrat. 
Sebagi informasi untuk pakan hijau-hijauan berasal dari rerumputan. Sedangkan untuk pakan konsentrat sapi biasanya para peternak sapi membererikan pakan konsentrat sapi dari dedak padi,jagung, kulit kakao, batang rumbia dan juga konsentrat pabrikan, yang tidak terlalu berserat jadi mudah dicerna oleh sapi dengan tujuan untuk mempercepat pertambahan bobot sapi.

Akan etapi ada satu bahan pakan lainya seperti jerami. Jerami pada umumnya oleh para peternak sapi hanya diberikan untuk pakan selingan saja ketika pakan hijauan sangat sulit anda temukan. Karena memang pakan jerami untuk sapu mempunyai protein yang rendah, dan sedikit vitamin dan juga mineral. Tidak hanya itu saja, jerami juga mempunyai kandungan serat kasarnya tinggi. Padahal dengan diolah dengan tekhnologi yang sederhana, jerami bisa anda gunakan untuk pakan utama sapi sebagai pengganti pakan hijauan.

B. Cara Membuat Pakan Sapi Dengan Jerami Fermentasi

Dengan mengolah jerami dengan teknik fermentasi, jerami yang biasanya hanya mempunyai protein 2%-3%, maka setelah diolah dengan teknik yang benar maka protein jerami dari hasil fermentasi bisa meningkat menjadi 7%-9%. Selain itu jerami fermentasi juga lebih mudah dicerna, aromanya menjadi harum dan dengan cara kebersihan juga lebih higienis.

C. Bahan-bahan Membuat Pakas Sapi Jerami Fermentasi

Berikut adalah bahan yang perlu anda persiapkan untuk membuat pakan sapi dari jerami fermentasi :

  • Pilihlah Jerami yang tidak terlalu kering dan tak terlalu basah kurang lebih 3 colt.
  • Satu botol bioactivator ( ragi tape jerami )
  • Air kurang lebih 300 liter – 400 liter.
D. Cara Pengolahan Pakan Sapi Jerami Fermentasi

Ikuti langkah-langkah cara pengolahan pakan sapi jerami fermentasi berikut ini, silahkan dibaca dan dipahami dengan seksama :

  1. Letakan jerami pada lantai tanah yang teduh (tidak terkena panas dan hujan) setebal 20 cm kemudian padatkan dengan cara diinjak-injak.
  2. Campur ragi tape jerami (bioactivator)  dengan air, lalu aduk hingga rata kemudian percikan ke seluruh permukaan jerami secara merata.
  3. Tumpuk lagi dengan jerami setebal 20 cm lalu siramkan campuran air dengan ragi jerami tape secara merata seperti yang anda telah lakukan pada langkah yang kedua dan seterusnya hingga jerami habis.
  4. Tutuplah permukaan jerami dengan plastik dan biarkan selama kurang lebih 7 – 10 hari.
  5. Pada hari ke 7, Anda perikas aroma yang tercium pada permukaan jerami. Apabila aroma yang tercium pada jerami telah berubah menjadi aroma tape dan serat jerami telah lunak dan tumpukan dalam jerami mengeluarkan jamur berwarna putih atau kuning, maka proses pembuatan jerami fermentasi telah berakhir. Akan tetapi apabila tanda-tanda di atas belum muncul (belum anda temui) , maka artinya proses belum berakhir dan biarkan hingga hari ke 10 baru kemudian periksa lagi seperti pada langkah di atas.
E. Waktu Kadaluarsa Jerami Fermentasi

Sebagai informasi, pakan sapi bahan jerami ini telah anda buat dengan melewati proses fermentasi, maka akan memiliki ketahanan maksimal jerami fermentasi ini bisa disimpan selama kurang lebih satu tahun.

Sedikit tips agar jerami fermentasi ini bisa bertahan lama, Setelah proses pembuatan jerami fermentasi ini berakhir, maka bongkar jerami fermentasi tersebut kemudian diangin-anginkan hingga kering. Lalu ikat kembali atau bisa dipres supaya lebih padat dan mudah diatur. Akan tetapi jangan lupa, tidak hanya pakan utama sapi berupa jerami fermentasi sebagai ganti pakan hijaun, sapi juga butuh konsentrat minimum 2,5% dari berat badan dan air minum 40 -60 liter setiap hari, supaya perncernaannya lancar dan mempunyai daya tahan yang tinggi agar tidak mudah serangan penyakit.

Demikian artikel tentang "Cara Membuat Pakan Sapi Sendiri Dengan Mudah" yang bisa kami tulis, semoga bisa membantu anda kususnya para peternak yang saat ini masih kesulitan mencari dan membuat pakan alternatif untuk sapi ternak anda. Salam Sukses Untuk Kalian Semua. Salam Peternak Indonesia!

Tag : Artikel, Sapi
0 Komentar untuk "Cara Membuat Pakan Sapi Sendiri Dengan Mudah"
Back To Top