image Pentingnnya Mengetahui Suhu dan Kelembaman Udara Untuk Menstabilkan Produksi Ayam - Ternak Pertama



Ternak Pertama Menyediakan Berbagai Sarana dan Prasarana Unggas Dapat di Kirim ke Seluruh Wilayah Indonesia Bonus Ebook dan Gratis Konsultasi Selamanya Email : ternakpertamaku@gmail.com | Sms/WA : 089515248576 | PIN : 5FC2289D Bagi Yang Berminat Menjadi Agen Silahkan Hub Kami

Pentingnnya Mengetahui Suhu dan Kelembaman Udara Untuk Menstabilkan Produksi Ayam

Ternak Pertama - Suhu dan Kelembaman Udara Untuk Menstabilkan Produksi Ayam - Jika anda seorang peternak, kususnya ternak ayam Suhu dalam kandang merupakan salah satu aspek yang sangat penting yng dapat mempengaruhi produksi atau perkembangan Ayam Petelur. Suhu dan kelembaman merupakan salah satu yang harus dijaga oleh peternak  dari mulai Ayam masih DOC sampai masa dalam masa produksi. Mengetahui Suhu dan kelembaman yang tepat dari awal sangat baik untuk perkembangan Ayam Layer kedepanya, Hal tersebut tentu akan berpengaruh pada produksi telur yang nantinya akan berujung pada keberhasilan usaha .

Sebagai informasi, Suhu yang dibutuhkan setiap fase Ayam Petelur berbeda-beda. Ayam yang masih DOC memerlukan suhu yang lebih hangat dan akan menurun kebutuhan suhunya seiring bertambah umur Ayam. Ketika masih DOC, kondisi ayam masih rentan terhadap penyakit terlebih lagi anak ayam tersebut belum mampu mengatur suhunya sendiri untuk itu bantuan dari luar memang di butuhkan. Begitu juga ketika ayam berada pada masa pertumbuhan dan masa produksi mengetahui suhu dan kelembaman pada kandang ayam penting agar tercapai performance yang optimal.

THERMO-HYGROMETER
Kestabilan suhu tubuh ayam pada umur < 2 minggu ditentukan oleh:

  • Suhu litter atau alas sekamnya (ternyata telapak kaki menjadi pemberi sinyal suhu yang pertama pada anak ayam)
  • Suhu ruangan pada ketinggian 20-30 cm dari alas
  • Kelembaban udara ruangan

SUHU DAN KELEMBABAN IDEAL
UNTUK AYAM BROLER
Umur (hari)
Suhu (°C)
Kelembaban (%)
1
32-29
60-70
3
30-27
60-70
6
28-25
60-70
9
27-25
60-70
12
26-25
60-70
≥ 15
24-25
60-70

Selama dalam proses masa pertumbuhan, pullet memerlukan pakan yang memiliki kualitas baik dan yang disesuaikan dengan kebutuhan ayam. Salah satu yang masih memberiakan peranan penting adalah Suhu, pengaturan suhu yang benar akan dmenentukan berapa jumlah pakan yang harus diberikan keapda ayam untuk dikonsumsi. Selama suhu atau keadaan cuaca yang panas konsumsi pakan akan mengalami menurun. Pullet yang memiliki sifat agresif akan mempunyai nafsu makan yang tinggi serta mempunyai kapasitas fisik kuat jika dibanding dengan pullet yang tidak agresif. Pullet yang memiliki fisik kecil biasana akan mengalami penurun nafsu makan yang dikonsumsinya. maka sari itu mengetahui suhu dan kelembaman sangat penting untuk anda ketahui karena akan berdampak pada meningkatnya produksi ayam yang maksimal. Suhu dan kelembaman yang tidak sesuia akan menyebabkan ayam akan mengalami kondisi stress dan yang jelas ini akan menjadi kerugian bagi para peternak karena ayam stress akan menurun berat badannya. Untuk itu manajemen suhu dan kelembaman yang tepat memiliki peranan penting paling tidak akan meminimalkan masalah pada produksi ayam yang menurun.

Berikut ini adalah cara untuk mengatasi suhu dan kelembaman pada tubuh ayam

Kendala Cuaca
Daerah tropis merupakan daerah yang memiliki cuaca/suhu yang panas terutama pada siang hari, hal ini jelas akn menjadi kendala bagi para peternak Ayam Petelur. Perbedaan suhu yang terlalu jauh antara siang dan malam, Suhu malam hari biasanya sekitar 23 derajat sedangkan suhu panas saat siang hari biasanya bisa sampai 35 sampai dengan  37 derajat celcius.

Cara mengatasi Suhu yang tinggi pada siang hari antara lain :

Cara mengatasi Suhu yang tinggi pada siang hari yang biasanya dilakukan oleh peternak ayam bersifat memanipulasi atau sementara, dengan keseimbangan protein energi saat cuaca atau suhu panas atau pemberian antistress harus dilakukan sebagai salah satu solusi untuk mengatasi ini dalam jangka pendek.

Sedangkan untuk solusi yang lebih rumit biasanya cara yang dilakukan oleh para peternak senior dengan menurunkan suhu dalam kandang ayam. Cara pertama anda bisa dengan memperbaiki konstruksi kandang dengan sudah merencanakan ventilasi udara yang tepat dan sebagainya. Cara kedua taitu dengan menanaman pohon disisi kandang dengan maksud agar dapat mengurangi sinar matahari langsung dari samping ataupun dari atas atau atap.

Para peternak bisa menggunakan alat dibawah ini untuk mengontrol suhu dan kelembaban udara dalam ruangan kandang. Alat untuk mengatur suhu dan kelembaman kandang ayam disebut Thermo gun dan Thermohugrometer, kedua alat tersebut sangat mudah didapatkan dan harganya terjangkau

1. THERMO GUN

Thermo Gun merupakan salah satu alat canggih yang dapat digunakan untuk mengukur temperatur suatu tempat dengan keakuratan yang tinggi yang dipadukan dengan sinar laser. Tembakkan sinar laser pada suatu obyek inilah, hasil pengukuran temperatur dapat langsung ditampilkan pada layar yang berada di bagian belakang gagangnya. Thermo Gun merupakan sebuat alat yang sangat tepat anda gunakan untuk memantau temperatur alas sekam (litter) terutama selama masa brooding atau pemanasan. Selain itu, alat thermo gun ini juga mudah untuk digunakan, ringan dan harganya pun terjangkau.

2. THERMOHYGROMETER

Biasanya dalam mengukur suhu dan kelembaman sebuah ruangan kita biasanya menggunakan cara atau teknik kira-kira. Jelas dengan cara tersebut hasil yang didapat kurang optimal apalagi suhu dan kelembaman kandang ayam merupakan salah satu faktor penting dalam pertumbuhan ayam optimal. Untuk itu tinggalkanlah cara yang primitif/teknik kira-kira sekarang juga karena dengan kehadiran Thermohygrometer anda dengan mudah bisa mengontrol suhu ruangan kandang ayam tersebut secara optimal. Thermohygrometer ini sangat mudah dalam penggunaanya, memungkinkan pekerja kandang sekalipun untuk secara rutin dapat mengukur suhu dan kelembaban udara di dalam kandang hanya dengan menekan 1 tombol pada ketinggian 20-30 cm di atas permukaan lantai kandang, langsung seketika tertera di layar berapa °C suhunya dan berapa % kelembaban udaranya. Selain itu, Thermohygrometer selain mudah pengoprasianya, harganya pun murah serta tahan lama.

Baca juga :

Tag : Artikel
0 Komentar untuk "Pentingnnya Mengetahui Suhu dan Kelembaman Udara Untuk Menstabilkan Produksi Ayam"
Back To Top