Skip to main content

Manfaat Telur Ayam Bagi Kesehatan Kita

Ternak Pertama - Manfaat Telur Ayam - Anda seorang peternak ayam petelur bukan? sangat lucu rasanya jika sampai saat ini belum mengetahui apa menfaat atau kegunaan telur ayam bagi kesehatan tubuh kita. Telur merupakan zigot yang dihasilkan melalui fertilisasi sel telur dan bermanfaat untuk memelihara ataupun menjaga embrio. Telur reptilia, burung ataupun ayam memiliki sebuah pelindung yang sering kita sebut dengan istilah kerak pelindung, yang mempunyai pori-pori dengan tujuan agar hewan yang belum lahir tersebut bisa bernafas.

Baca Juga :
Harga Ayam Broiler Hari Ini
Harga Telur Ayam Ras Hari Ini

Sebagai informasi sebenarnya hampir semua dari jenis telur dapat dimakan atau dikonsumsi untuk manusia tetapi tidak semua telur bisa bagus dikonsumnya untuk manusia hanya ada beberapa jenis telur yang biasanya lazim untuk dimakan atau dikonsumsi, entah itu disajikan dalam bentuk lauk-pauk ataupun bisa juga digunakan sebagai obat. Telur yang umum dan biasa dikonsumsi meliputi telur yang asalnya dari hewan unggas seperti ayam, bebek, angsa dan beberapa jenis burung lainya seperti burung unta maupun burung puyuh. Taukah anda? Telur sebagai bahan makanan memiliki banyak kandungan gizi yang sudah lengkap, kandungan yang ada didalam telur meliputi karbohidrat, protein serta delapan jenis asam amino yang bagus dan berguna bagi kesehatan tubuh, terutama bagus untuk disajikan untuk anak-anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan. 

Manfaat Telur Ayam
Adanya peningkatan komponen lemak yang terdapat didalam telur tidak akan mempengarhui kualitas telur yang dihasilkan telur ayam. Manfaat Telur Ayam Kampung Mentah buktinya akan lebih bagus untuk kesehatan anda. Hampir semua jenis telur bisa dikonsumsi serta mempunyai mafaat yang baik bagi kesehatan anda. Dari hasil suatu  penelitian mengungkapkan bahwa kandungan gizi serta nutrisi dalam ayam kampung lebih banyak dari pada ayam potong. Telur ayam kampung sebagai bahan makanan mempunyai kandungan nutrisi yang sangat lengkap serta sangat baik untuk dikonsumsi terlebih bagi anak-anak. Faktor itu dikarenakan kandungan omega 3 yang baik bagi masa pertumbuhan anak.

Adapun Kandungan gizi yang tersedia dalam telur ayam kampung :
  • Energi 196 kkal
  • Protein 13 gram
  • Lemak 15,3 gram
  • Karbohidrat 0,8 gram
  • Kalsium 67 miligram
  • Fosfor 334 miligram
  • Zat logam 3,3 miligram
  • Vitamin A 231 IU
  • Vitamin B1 0,31 miligram

Inilah Manfaat Telur Ayam Bagi Kesehatan Kita


Manfaat  Telur Ayam Kampung mentah yang perlu anda ketahui antara lain :
  • Membuat Jantung Anda Sehat.

Antioksidan yang terkandung dalam telur mentah diklaim sangat baik bagi kesehatan jantung. Berdasarkan penelitian, Kandungan Antioksidan dalam 2 butir telur ayam kampung, lebih banyak dua kali lipat jika dibandingkan satu buah apel. Bagi anda yang menderita atau memiliki riwayat penyakit jantung  silahkan mulai sekarang anda bisa mencoba mengkonsumsi telur ayam kampung mentah.

  • Mencegah penyakit kanker.

Telur ayam sudah nyata sangat populer dalam hal kandungan nutrisinya. Tripofan serta tirosin merupakan salah satu nutrisi yang terkandung dalam kuning telur mentah. Kuning telur mentah juga sangat bermanfaat untuk zat antikanker.

  • Menghasilkan sumber energi tambahan.

Telur ayam mentah yang dikonsumsi bisa memberikan energi secara maksimal untuk tubuh anda. Telur ayam kampung mentah juga memiliki berbagai kandungan meliputi protein, karbohidrat, serta zat logam, jika anda dibandingkan dengan telur yang telah direbus atau digoreng. Seorang pakar nutrisi pernah berkata, tubuh manusia tidak akan mengalami kesulitan untuk mencerna telur mentah tersebut sebab enzim alamiah dalam telur yang menolong proses pencernaan.

  • Membantu proses pembentukan otot.

Seperti yang kita tahu, biasanya telur putih yang direbus sangat bagus untuk membentuk otot supaya tampak lebih atletis dan bugar. Mengkonsumsi telur ayam kampung mentah telah benar-benar terbukti dan ampuh untuk program diet.

  • Bebas kolesterol serta lemak.

Bagi anda yang biasanya suka mengkonsumsi telur goreng, sebaiknya seger tinggalkan kebiasaan tersebut serta gegaslah menggantinya dengan mengkonsumsi telur mentah. alasan tersebut karena karena telur ayam yang telah digoreng akan mengandung lemak jenuh yang tinggi serta kolesterol. Lain halnya jika anda mengkonsumnsinya mentah, dalam telur mentah, kandungan berbahaya seperti kolesterol tidak akan ada lagi jadi jauh lebih sehat.

  • Mencegah penyakit katarak serta kebutaan.

Penyakit mata seperti contohnya katarak telah terbukti bisa dicegah dengan mengkonsumsi telur ayam kampung mentah. Bagi para lanjut usia sangat dianjurkan mengkonsumsi telur mentah untuk mencegah kebutaan ataupun katarak.

  • Dapat Merubah suasana hati.

Boleh percaya atau tidak, salah satu kegunaaan telur ayam kampung mentah lainnya adalah untuk membenahi atau memperbaiki kondisi hati yang rusak. Saat pikiran tidak menentu, jenuh ataupun suntuk, cobalah mulai sekarang untuk mengkonsumsi telur mentah. Senyawa pada kuning telur ini udisinyalir mampi merangsang horman tertentu yang membuat suasana hati anda akan menjadi baik.

  • Baik untuk kesehatan pria.

Manfaat telur ayam selanjutnya adalah kandungan selenium yang ada di dalam telur mentah seperti mineral selenium tersebut sangat dibutuhkan oleh pria dalam pembentuk serta kualitas sperma. Dalam satu butir telur ayam mentah sanggup memenuhi 10% dari keperluan selenium didalam tubuh pria dewasa..

  • Menyembuhkan gangguan penyakit paru-paru.

Mengkonsumsi telur mentah nyatanya juga bisa menyembuhkan gangguan pada organ paru-paru. Sangat baik bagI para penderita emphysema.

  • Mencerahkan wajah.

Putir telur mentah ayam kampung mempunyai kandungan yang lebih kental jika dibandingkan dengan telur lainnya. Putih telur ayam kampung ini memiliki manfaat untuk membawa sel-sel kulit mati yang ada pada kulit wajah anda. Jadi dengan meggunakan puti telur mentah ini wajah anda bakal lebih cerah serta bercahaya kembali.

  • Menghilangkan atau menyamarkan bekas jerawat.

Putih telur mentah selain bisa digunakan untuk mencerahkan kulit, ternyata juga sudah terbukti sangat bagus untuk dijadikan sebagai masker wajah yang bermanfaat untuk menghilangkan jerawat beserta komedo. Sebaiknya untuk membuat masker putih dari bahan telur mentah pilihlah telur ayam kampung  yang masih segar dan bagus kualitasnya.

  • Menjaga keindahan mata.

Selanjutnya, pada telur ayam kampung mentah juga memiliki kandungan karotenoid. kandungan ini bisa bermanfaat untuk memperindah dan mempercantik mata. Cara mnegkonsumsinyapun cukup mudah, anda hanya ambil kuning telur ayam kampung dan dikonsumsi secara rutin dengan begitu mata anda bakal terlihat indah dan sehat.

  • Memberi kelembutan pada rambut.

Hebatnya lagi, telur ayam kampung mentah juga memiliki manfaat untuk menjaga kelembaban rambut. Kuning telur mentah bisa dijadikan sebagai masker rambut dan akan jauh lebih maksimal apabila dicampurkan dengan bahan pendukung lainnya seperti alpukat ataupun bengkoang.

  • Menanggulangi wajah kering.

Selain berguna untuk mata dan, kulit dan rambut, Telur ayam mentah juga sudah terbukti dapat membantu menanggulangi wajah anda yang kusam, kering yang sangat menggangu penampilan ataupun aktifitas sehari-hari. Dengan mengkonsumsi telur ayam kampung mentah bakal membantu wajah anda kembali segar dan sehat seperti sedia kala.

Itulah Beberapa manfaat Mengkonsumsi telur yang bisa kami tulis. semoga bermanfaat untuk kita semua. Silahkan Share jika menurut anda artikel ini berguna dan bermanfaat bagi orang lain. Salam Peternak Indonesai

Baca juga artikel lainya :
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar