Skip to main content

Cara Membuat Pakan Sapi Potong Dengan Mudah

Ternak Pertama - Cara Membuat Pakan Sapi - Setiap peternak pastinya mengharapkan jika hewan yang di ternak sehat dan gemuk, sehat dan berkualitas hewan ternak sangat dipengarui oleh kualitas bahan pakan dengan mempertimbangkan segi ekonomis. Dengan demikian maka keuntungan yang didapat akan lebih besar. Tetapi, ada masih banyak peternak justru mengalami kesusahan dalam menentukan jenis pakan yang lebih cocok, memiliki standar yang baik dan lengkap akan nutrisi. Dimana permasalahan ini sering kita ditemukan adanya ketidak tepatan antara pakan yang diberikan terhadap sapi tersebut

Sapi Potong
Sapi Potong

Untuk itu kiranya sangatlah penting artikel ini yang akan kami tulis ini yakni Cara Membuat Pakan Sapi Dengan Mudah, oleh sebab itu bagi peternak sapi yang sedang mencari artikel ini bisa membaca dengan seksama apa yang akan kami tulis karena pada hari ini kami bakal mengulas tuntas cara membuat pakan sapi dengan mudah dan praktis.

Cara Membuat Pakan Sapi Potong Dengan Mudah 

Bahan pakan sapi potong ini bisa diaplikasikan untuk penggemukan semua sapi potong seperti sapi ongole, sapi bali, dan sapi madura supaya daging konsumsinya banyak, bagus dan berkualitas. Perlu diketahui bahwa dengan cara alamiah pertambahan berat badan sapi ada di kisaran 500 gram – 1000 gram/ hari. Tetapi untuk mewujudkan itu cara pemberian konsentrat hormon pertumbuhan belum distandarisasi dengan cara resmi oleh dinas peternakan. Salah satu kendala yang sering dihadapi peternak adalah persoalan keterbatasan pakan. Maka beberapa solusi pakan pilihan yang manjur untuk penggemukan sapi potong semakin diupayakan, beberapa pilihan yang diperoleh adalah dengan membuat pakan fermentasi dengan media pakan konsentrat alamiah yang akan kami bahas lengkap pada tulisan ini.

Konsentrat Sebagai Pakan Sapi Potong


Konsentrat adalah salah satu media pakan yang bisa dibilang makan wajib bagi para peternak semua jenis sapi yang mengejar penggemukan sapi khususnya sapi potong. Konsentrat juga dikenal sebagai bahan pakan yang memiliki kadar nutrisi protein tinggi dan karbohidrat serta kadar serat kasar yang rendah (dibawah 18%). Untuk membuat konsentrat yang baik cukuplah mudah, ada beberapa kombinasi bahan alami/organik yang bisa anda gunakan sebagai komposisi pembuatan konsentrat yang baik dan berkualitas. Bahan-bahan komposisi konsentrat yang umum dipakai dan mudah didapat antara lain sebagai berikut

Dedak (Bekatul)

Dedak (bekatul) dengan komposisi 70% atau 75% atau anda juga bisa menggantinya dengan pilihan berupa batang rumbia yang didalamnya tersedia sagu rumbia. Pergantian dengan batang rumbia pasti mempunyai alasan tersendiri karena memang batang rumbia memiliki hemat murah, lebih terjangkau dari bekatul/dedak karena banyak pohon ini sering kita jumpai di hampir seluruh wilayah Indonesia. Sebagai informasi, kandungan nutrisi batang rumbia mempunyai karbohidrat yang lumayan tinggi. Batang rumbia bisa diolah dengan cara dikupas kulit terluarnya lalu hancurkan batang rumbia yang telah dikupas dengan mesin atau anda bisa melakukanya secara manual dengan cara dicincang menjadi ukuran 0.5 cm atau bisa lebih kecil lagi. kemudian rendam hasil cincangan dengan air, biarkan selama kira-kira sehari dan kemudian anda bisa berikan pada sapi.

Cek Harga Sapi Hari Ini :
Jagung Giling
Pakan sapi selanjutnya adalah Jagung giling, anda bisa memberikan jagung giling dengan komposisi 8%-10% sebagai penambah nutrisi khususnya kebutuhan serat dan lemak kasar yang tak ada pada dedak. Jadi jika jagung giling dan dedak dikombinasikan akan saling melengkapi.

Bungil Kelapa
Anda bisa memberikan makanan sapi anda dengan Bungkil kelapa dengan komposisi 10%-15% atau anda juga bisa menggantinya dengan bungkil kacang tanah atau kedelai pastinya dengan kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Bungkil kelapa adalah hasil sisa dari pembuatan dan pemerasan minyak kelapa yang diperoleh dari daging kelapa yang telah dikeringkan terlebih dahulu dimana dapay berperan sebagai sumber protein. 

Tepung Tulang
Tepung tulang atau kalsium dengan komposisi 2%-5% sebagai pelengkap kebutuhan akan mineral khususnya kalsium juga sebagai penambah protein. 

Garam Dapur
Garam dapur dengan komposisi sebesar 2% sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan mineral. 
Bila diperlukan bisa juga diberikan tambahan vitamin yang sudah banyak dipakai sebagai pelengkap kebutuhan micro, tetapi tetap berpatokan pada dosis yang ditentukan, jangan hingga berlebihan.


Dosis & Kapan Pemberian Konsentrat Pakan Sapi Potong


Dosis yang tepat dalam pemberian pakan konsentrat ini adalah dibererikan sebagai makanan penguat/extra pada ternak sapi potong di samping makanan pokok yang wajib berupa rumput segar dan hijau. Perbandingan pemberian pakan pokok (hijauan) dan konsentrat untuk pakan penggemukan sapi adalah antara 30% : 70% atau maksimal 20% : 80% . Waktu pemberian konsentrat yang baik dilakukan sekali setiap hari pada pagi hari sebelum diberi makanan wajib berupa rumput. Dari hasil penelitian juga ditemukan bahwa urutan pemberian konsentrat lebih dahulu sebelum makanan wajib (hijauan) lebih terbukti untuk menambah berat badan sebab pemberian konsentrat lebih dahulu berfungsi untuk memberberikan energi yang lebih besar terhadap mikroba rumen untuk mencerna makanan pokok (rumput, dsb.) Dengan menerapkan cara pakan ternak sapi potong seperti ini, bukan tak mungkin bobot sapi potong anda akan meningkat dua kali lipat.

Demiki artikel yang bisa kami tulis yakni mengenai " Cara Membuat Pakan Sapi Potong Dengan Mudah " harapan kami semoga anda sukses dalam beternak! Salam Peternak Indonesia. 

Baca juga Artikel Sapi lainya :
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar