image Mengenal Ciri-Ciri Ayam Pelung Berkualitas Super - Ternak Pertama



Ternak Pertama Menyediakan Berbagai Sarana dan Prasarana Unggas Dapat di Kirim ke Seluruh Wilayah Indonesia Bonus Ebook dan Gratis Konsultasi Selamanya Email : ternakpertamaku@gmail.com | Sms/WA : 089515248576 | PIN : 5FC2289D Bagi Yang Berminat Menjadi Agen Silahkan Hub Kami

Mengenal Ciri-Ciri Ayam Pelung Berkualitas Super

Ternak PertamaCiri-Ciri Ayam Pelung - Kali ini ternakpertama akan menuliskan artikel tentang Mengenal Ciri-ciri Ayam Pelung Berkualitas Super, Sebelum kita bahas tentang ayam pelung alangkah baiknya anda harus mengetahui apa itu Ayam Pelung? Ayam pelung merupakan ras ayam lokal unggul yang berasal dari daerah Cianjur, Jawa Barat. Seperti yang kita ketahui ayam pelung ini Berbeda dengan kebanyakan ayam pada umumnya, ayam jenis ini diseleksi dari segi penampilan fisik, ayam pelung diseleksi karena suara kokokannya yang panjang dan memiliki lagu. Tentu saja hanya ayam jantan jenis ini yang memiliki sifat semacam ini.

Dari segi ukuran, ayam pelung ini relatif besar dengan bulu yang berkilau. Tidak ada standar khusus untuk fisik, tetapi telah ada standar bagi alunan suara kokokan. Ayam pelung dewasa berukuran 5-6 kg dengan tinggi 40-50 cm.

Mengenal Ciri-Ciri Ayam Pelung Berkualitas Super

Sebagai info tambahan, penangkaran dan pemuliaan pertama ayam ini adalah seorang petani dan tokoh agama dari Desa Bunikasih, Kecamatan Warungkondang, Cianjur, bernama H. Djarkasih (Mama' Acih). beliau memulai penangkaran sejak tahun 1850 dengan mengambil seekor ayam jantan muda yang diamatinya memiliki kokokan lebih panjang daripada yang lainnya. Penangkaran dilakukan pertama kali dengan mengawinsilangkan dengan ayam betina biasa.

Meskipun mirip dengan ayam kampung biasa, Jika dilihat secara sekilas ayam pelung bisa dibedakan dengan ayam kampung lain. Yang sangat ketara terlihat dari bentuk badannya yang besar dengan pial dan jengger yang besar menjadi ciri khusus pada ayam ini. Terlebih lagi apabila anda bisa mendengarkan kokok ayam pelung, maka akan lebih mudah lagi mengenal apakah ayam tersebut ayam pelung atau bukan. Kokok ayam pelung memiliki ciri kusus yang membedakan dengan ayam pada umumnya, meskipun postur dan penampilan seperti ayam pelung tetapi apabila kokok pendek, anda bisa mengira ayam tersebut adalah ayam kampung biasa. untuk itu ternak pertama akan akan menuliskan ciri ayam pelung yang bagus dan berkualitas agar nantinya anda tidak salah dalam memilih ayam pelung.

Mengenali ciri-ciri ayam pelung yang bagus dan berkualitas tentunya bukan perkara yang gampang, apalagi apabila ayam tersebut belum berkokok atau tidak mau berkokok saat anda akan membeli. Terlebih apabila orientasi anda dalam merawat ayam pelung diperuntungkan untuk mengikuti kontes. Bakalan pelung yang berkualitas tak menjamin menjadi pemenang, karena perlu perawatan yang intensif dalam merawat ayam tersebut.

Dalam kriteria lomba pelung jelas tak semata-mata kokok saja yang dilombakan akan tetapi itulah yang menjadi kategori lomba pelung paling terkenal. Sebab itu bagi pemula, sebelum masuk dalam dunia ternak pelung penting untuk mengenal ciri-ciri ayam pelung yang bagus secara teori.

Ciri-Ciri Ayam Pelung Yang Bagus


Berikut ini adalahi ciri ayam pelung berkualitas super yang perlu anda diketahui sebelum anda membeli agar tidak salah dalam memilih ayam pelung, Simak baik-baik :
  1. Ayam pelung yang bagus memiliki Postur tubuh yang besar dan gagah, untuk jago ayam pelung dewasa memiliki berat di atas 5 kilogram
  2. Kedua sayap ayam pelung terlihat sangat kokoh dan mempunyai bulu yang mengkilap dan rapi.
  3. Ayam pelung yang berkualitas memiliki Leher besar dan panjang dengan bulu yang lebat disertai dengan warna bervariasi. Pada bagian bawah leher mempunyai tembolok yang besar dengan posisi di tengah-tengah secara simetris.
  4. Kepala bundar lonjong dan besar, terlihat bersinar dan sangat tampak memiliki sifat pemberani bahkan beringas.
  5. Dada bidang dan besar, terlihat kokoh dan kuat.
  6. Memiliki Jengger besar dan tebal menjulang ke atas berbentuk tunggal bergerigi berwarna merah, pialnya juga besar berwarna merah.
  7. Kedua kaki panjang dan besar dan kuat, cakar kuat, Bentuk kaki mblimbing (persegi) dengan sisik-sisik kaki yang rapi dan bersih dan menkilap. Warna kaki ayam pelung yang baik adalah hitam kebiru-biruan, hijau, atau putih keabu-abuan. Warna kaki ayam pelung yang berwarna kuning, biasanya hasil silangan dengan ayam kampung.

Itulah tadi 7 ciri-ciri ayam pelung yang berkualitas super yang bisa kami tulis, Untuk lebih memahami ciri-ciri ayam pelung yang bagus sebaiknya anda langsung praktek berburu ayam pelung sekarang juga, karena dengan mengerti anda bisa mendapatkan ayam pelung yang bagus dan memiliki nilai jual yang tinggi. demikian artikel yang bisa kami tulis, dengan berbekal sedikit pengetahuan mengenai ayam pelung. Semoga tulisan kami bisa menambah pengetahuan anda. Salam Peternak Indonesia!

Searches related to Ayam Pelung
harga ayam pelung anakan
harga ayam pelung
ayam pelung jawara
jual ayam pelung cianjur
ayam ketawa
cara merawat ayam pelung
ayam cemani
ayam pelung super
0 Komentar untuk "Mengenal Ciri-Ciri Ayam Pelung Berkualitas Super"
Back To Top