image Cara Fermentasi Kotoran Ayam Untuk Pakan Ikan Lele - Ternak Pertama



Ternak Pertama Menyediakan Berbagai Sarana dan Prasarana Unggas Dapat di Kirim ke Seluruh Wilayah Indonesia Bonus Ebook dan Gratis Konsultasi Selamanya Email : ternakpertamaku@gmail.com | Sms/WA : 089515248576 | PIN : 5FC2289D Bagi Yang Berminat Menjadi Agen Silahkan Hub Kami

Cara Fermentasi Kotoran Ayam Untuk Pakan Ikan Lele

Ternak Pertama. Cara Fermentasi Kotoran Ayam Untuk Pakan Ikan Lele - Para peternak ikan lele pastinya telah tahu bahwa biaya pakan untuk ikan lele menduduki variable paling atas dibandingkan variable lainnnya. Kebutuhan pakan bisa mencapai hingga 50% – 60% dibandingkan biaya yang harus di keluarkan untuk pembelian benih yang hanya berkisar antara 10% – 20% saja.Meskipun harga benih mengalami kenaikan, sebetulnya faktor itu tak menjadi persoalan pada budidya pembesaran ikan lele, selagi peternak bisa membuat pakan pilihan sendiri. hal tersebut tentunya akan mengurangi jumlah pengeluaran dan jelas akan berdampak pada keuntungan yang maksimal


Cara Fermentasi Kotoran Ayam 

sebenarnya sudah banyak cara untuk memperoleh pakan pilihan untuk ikan lele anda.Pada artikel sebelumnya ternak pertama sudah menuliskan bagaimana cara fermentasi kotoran sapi untuk pakan pilihan ikan lele, lantas...bagaimana cara membuat fermentasi kotoran ayam untuk pakan lele? mungkin bagi para peternak lele yang segaligus memulai budidaya ayam hal ini sungguh sangat bermanfaat karena kotoran ayam yang ada pada peternakan kita bisa kita manfaatkan juga sebagai bahan alternatif untuk pakan ikan lele. sungguh sangat menguntungkan bukan? baik, pada hari ini ternak pertama akan menuliskan bagaimana pengalaman kami membuat pakan alternatif dari kotoran ayam.
Fermantasi Kotoran Ayam Untuk Pakan Lele
semula Ide ini timbul ketika kami mengambil ayam tiren di lokasi peternakan ayam potong di daerah tempat kami berada. Saya perhatikan di bawah kandang banyak sekali kotoran ayam yang menumpuk. Setelah  kami amati ternyata banyak sekali beltung yang hidup pada media tersebut. Tidak hanya itu, pakan sentrat ayam dari atas kandang pun banyak yang berjatuhan, bercampur dengan kotoran ayam potong, ditambah lagi dengan sentrat yang pasti memiliki kandungan nutrisi untuk pertumbuhan hewan ternak.Pada saat itu kami langsung pesan 1 sak, dengan upah Rp.3000 per saknya. Sebab dalam hukum Islam, kotoran ternak tak boleh diperjual belikan, tetapi dalam faktor ini saya bayar upah memasukkan kotoran ayam ke dalam sak serta juga beli saknya, bukan membeli kotoran ayamnya.

Kalau dihitung dengan cara cermat, dengan anggaran Rp.3000 memperoleh kotoran ayam kurang lebih 30kg, berarti anggaran per kg hanya Rp.100. Meskipun berbagai sumber menyatakan bahwa pemakaian pakan alternatif dari kotoran fauna membutuhkan 1,5 – 2 kali lipat dibandingkan pelet, maka apabila 2 kali lipat berarti anggaran menjadi Rp.200/kg.

Ditambah anggaran fermentasi BIOCATFSIH kurang lebih Rp.350 per kg kotoran sapi. Jumlah Total = Rp. Rp.550/kg

Manfaat BIOCATFISH dalam fermentasi ini tidak hanya sebagai pengurai, juga bisa menghapus aroma menyengat pada kotoran ayam potong.

Cara Membuat Pakan lele dari Kotoran Ayam sebagai berikut :


  1. Masukkan kotoran ayam ke dalam bak/timba kurang lebih 10kg
  2. Campurkan BIOCATFISH (BCF) kurang lebih 100 ml dengan air setidak sedikit 5 liter.
  3. Siramkan pada kotoran ayam sampai merata dan pastikan lembab atau agak basah. 
  4. Apabila pada awal ternyata telah ada belatungnya, wadah tidak usah ditutup rapat, cukup dibiarkan sampai 5 hari.
  5. Apabila belum ada belatung, wadah ditutup rapat sampai 5 hari baru kemudian dibuka supaya lalat bertelur dan mulai kelaurlah maggot atau belatung. 
  6. Pakan Fermentasi kotoran ayam siap diberikan ke ikan lele
Untuk membuktikannya, kami coba pakan fermentasi kotoran ayam ini untuk ikan lele yang telah berusia 1 bulan sejak ditebar, dengan membererikan di pinggir kolam tahap dalam, supaya kelihatan jelas apakah lele mau memakannya ataukah tidak. ternyata setelah kami amati dengan seksama iklan lele tersebut sangat lahap berebut pakan fermentasi kotoran ayam ini yang telah kami buat.

Tetapi ada kendala dalam pemakaian pakan fermentasi kotoran ayam ini, berdasarkan pengalaman teman yang telah mencoba mengeluh air kolam yang berbau setelah pemakaian 1 minggu. Cara menanggulanginya pun cukup mudah sebenarnya yaitu dengan mengalirkan air sekurang kurangnya 25% – 50% dari debit air kolam, jadi air lama keluar berganti air baru.

Sekian artikel yang bisa kami tulis yaitu mengenai Cara Fermentasi Kotoran Ayam Untuk Pakan Ikan Lele. Semoga Bermanfaat. Salam Peternak Indonesi
Tag : arikel, Artikel
0 Komentar untuk "Cara Fermentasi Kotoran Ayam Untuk Pakan Ikan Lele"
Back To Top