Skip to main content

Cara Beternak Ayam Bangkok Yang Benar

Cara Beternak Ayam Bangkok - Pada kesempatan kali ini ternak pertama akan membahas mengenai Ayam Bangkok. Namun sebelumnya kalian harus tau Harga Ayam Hari Ini terlebih dahulu. Langsung saja pada pertanyaan yang sering kami dapatkan, Bagaimana cara beternak ayam bangkok yang benar? Tahap awal dalam beternak ayam bangkok yang perlu anda lakukan adalah Memilih Indukan. Memilih indukan Ayam Bangkok  dengan kualitas yang paling baik bukanlan sebuah perkara yang mudah untuk kita lakukan, terlebih lagi bagi kita yang belum mengetahui banyak tentang ayam satu ini, hal ini dikarenakan ciri-ciri umum dan kusus tentang ayam bangkok harus anda pahami saat akan memilih atau membeli Ayam Bangkok sebagai indukan yang nantinya akan dijadikan sebagai hewan ternak. Cara berternak ayam bangkok sebetulnya tidak terlalu sulit akan tetapi jika anda belum mengenal lebih jauh tentang ayam ini akan menjadi kendala yang sangat berarti, yang perlu kalian perhatikan dalam berternak ayam bangkok adalah ketika pemilihan induk bangkok yang baik dan berkualitas. Untuk menghasilkan peranakan bangkok yang baik. Dalam berternak ayam bangkok, sebaiknya saat pengawinan induk betina dan pejantan bangkok harus dalam kondisi sehat sehat, karena jika saat proses pengkawinan salah satu diantaranya indukan betina ataupun pejantan dalam kondisi sakit atau memiliki kelainan, bisa menyebabkan peranakan ayam bangkok yang tidak baik juga atau kejadian yang sering terjadi biasanya peranakan akan mengalami kelainan. Hal tersebut jelas akan berdampak pada harga jual ayam tersebut akan terpengaruh atau akan lebih murah.

Berikut ini ternak pertama akan memberikan tips cara beternak ayam bangkok yang benar. jika anda akan atau berencana akan beternak ayam bangkok semoga tulisan ini bermanfaat buat anda.
Cara beternak Ayam Bangkok
Cara Beternak Ayam Bangkok

Cara berternak ayam bangkok di antaranya :

Cara beternak Ayam Bangkok
Ayam Bangkok
  1. Pilih induk bangkok yang baik serta sehat
  2. Pilih Pejantan bangkok yang sehat 
  3. Siapkan kandang umbaran, karena perkawinan di kandang umbaran lebih baik dari pada di kandang dodogkan. Sebab proses perkawinan lebih alami.
  4. Kandang anak ayam bangkok sebaiknya di buat sebelum di kawinkan, supaya saat menetas nanti, anak ayam bangkok siap untuk dipindahkan.
  5. Perhatikan pakan induk dan anak ayam bangkok. 
  6. Mengawinkan induk bukanlah pekerjaan yang susah, khususnya bagi peternak yang telah berpengalaman. hal yang susah merupakan mencari bakal Pejantan dan Indukan yang berkualitas. Mengawinkan induk bisa anda lakukan di kandang umbaran atau banyak orang mengatakan dengan sistem kawin tembak (doddogan). Caranya induk betina dipegangi, lalu induk jantan akan mengawini si betina. cara ini populer dan paling manjur serta cepat menghasilkan keturunan. 
  7. Induk jantan yang baik biasanya tak terlalu susah dikawinkan dengan cara dogdogan. Apabila induk jantan tak mau mengawini induk betina dengan cara dogdogan, sebaiknya induk jantan dan induk betina dikawinkan di dalam kandang umbaran.Satu ekor pejantan bisa mengawini 3-4 induk betina. Perkawinan juga bisa anda lakukan dengan cara inseminasi buatan, tetapi cara seperti itu ini jarang dilakukan karena dengan perkawinan alami sudah cukup mudah dilakukan dan tidak  mengeluarkan anggaran khusus untuk membeli peralatan inseminasi.
  8. Induk yang telah dikawinkan akan bertelur seminggu setelah dikawinkan. Induk betina ayam bangkok bertelur terbatas, tak lebih dari 20 butir setiap periodenya. Hal ini jelas berbeda dengan ayam kampung yang bisa bertelur hingga 40 butir untuk setiap periode. Telur-telur tersebut bisa dierami oleh induknya atau bisa juga ditetaskan di dalam mesin tetas. Untuk usaha skala kecil, penetasan bisa dilakukan oleh induknya, tetapi untuk usaha berskala besar, khususnya peternakan yang menjual anakan (DOC), penetasan dengan mesin tetas bisa mempercepat kapasitas produksinya. 
  9. Anak ayam akan menetas setelah dierami oleh induknya selagi 21 hari atau sama dengan penetasan memakai mesin tetas. Anak ayam yang baru menetas bisa ditempatkan dikandang postal setelah berusia dua hari. Kandang postal anak ayam dikasih pemanas yang bertujuan sebagai induk buatan. Satu lagi yang perlu anda perhatikan dalam mengawinkan ayam bangkok adalah dengan tidak mengawinkan saudara sekandung (berinduk sama). Tetapi perkawinan antara induk (F1) serta anak (F2) tetap diperkenankan. Begitu juga dengan perkawinan antara induk (F1) serta cucu (F3).
Sedikit tambahan.

Ciri-Ciri Ayam bangkok petarung 
Ciri Ayam bangkok Petarung
Ciri  Ciri Ayam Bangkok Yang Bagus
  • Batok kepala dan tulang alisnya tebal.
  • Bulu dan kuku mengkilap , khususnya pada bulu sayap serta ekor.
  • Kaki bersisik kasar, dengan bentuk dari persegi empat hingga bulat.
  • Kepalanya berbentuk buah pinang.
  • Ketika berdiri, sikap badannya tegak.
  • Mata masuk ke dalam, sipit, serta jernih.
  • Kulit muka kasar, tebal serta berwarna merah.
  • Paruh besar, kuat melengkung, beralur mulai dari celah hidung ke arah muka.
  • Celah hidung agak ke depan.
  • Jari kaki panjang, kecil, kuat serta susunan jarinya mekar.
  • Pintar dalam memukul tahap vital lawan
  • Pukulan keras serta seksama.
  • Semangat tarung tinggi.
Cek Juga
Harga Ayam Bangkok Hari Ini
Demikian informasi tentang bagaimana cara beternak Ayam Bangkok bagi pemula yang benar. Kami berharap artikel ini bermanfaat bagi kaliam semua. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar