image Cara Budidaya Semut Jepang Media Toples Bagi Pemula - Ternak Pertama



Ternak Pertama Menyediakan Berbagai Sarana dan Prasarana Unggas Dapat di Kirim ke Seluruh Wilayah Indonesia Bonus Ebook dan Gratis Konsultasi Selamanya Email : ternakpertamaku@gmail.com | Sms/WA : 089515248576 | PIN : 5FC2289D Bagi Yang Berminat Menjadi Agen Silahkan Hub Kami

Cara Budidaya Semut Jepang Media Toples Bagi Pemula

Ternak Pertama - Ahir-ahir ini banyak media yang membahas tentang Semut Jepang, baik media online maupun media cetak. Kami sempat bingung, kenapa banyak orang memelihara semut jepang? Apa manfaat dari semut jepang ini?Apa Keuntungan dari budidaya semut jepang?Untuk itu bagi kalian yang sedang atau akan memulai usaha budidaya semut jepang ternak pertama akan menuliskan artikel kusus tentang Cara Budidaya Semut Jepang Media Toples Bagi Pemula. Usut punya usut ternyata semut yang satu ini memiliki beberapa khasiat atau manfaat yang luar biasa. Pertama kali penulis melihat semut jepang adalah ketika ada tetangga menaruh serangga dalam toples plastik. Dari situ penulis tahu kalau nama serangga tersebut adalah semut jepang, karena bisa dilihat dari ciri-cirinya. Dari segi fisik bentuknya lebih mirip kumbang dibanding dengan semut. Anda pernah melihat semut jepang?

Budidaya Semut Jepang

Ciri-ciri Semut jepang
Ciri dari semut jepang ini secara umum adalah 
  1. Memiliki tubuh berwarna hitam kecoklatan, 
  2. Berkaki enam dan tekstur tubuhnya cenderung keras. 
  3. Hewan ini memiliki sayap yang mirip dengan kumbang. Namun semut jepang tidak dapat terbang seperti serangga bersayap lainya.
Nama ilmiah dari semut jepang adalah Tenebrio Molitor. Atau biasa disebut kutu beras yang larvanya dikenal dengan nama ulat hongkong. Walaupun memiliki kemiripan dengan kutu beras, namun semut jepang dan kutu beras sangat berbeda. Larva kutu beras lebih besar dari pada semut jepang.

Manfaat Semut Jepang
Menurut beberapa artikel yang pernah saya baca, Semut jepang memiliki beberapa manfaat yaitu:
  1. Untuk menstabilkan gula darah bagi penderita diabetes.
  2. Pengobatan asam urat
  3. Menstabilkan kolesterol
  4. Pengobatan penyakit jantung
  5.  Meningkatkan stamina tubuh

Cara mengkonsumsi semut jepang
Cara mengkonsumsi semut jepang diantaranya adalah diseduh dengan air atau dimasukkan kedalam kapsul.  Cara pertama ambil beberapa semut jepang taruh dalam gelas, kemudian masukkan air panas. Segera minum lagi hangat. Cara kedua ambil satu semut jepang masukkan ke dalam kapsul dan segera dikonsumsi. Untuk cara kedua, disarankan memasukkan semut ke dalam kapsul ketika malam hari sebelum dikonsumsi. Untuk beberapa kasus cara mengkonsumsinya sebagai berikut :

Cara mengkonsumsi Semut jepang untuk obat diabetes
Untuk mengobati diabetes disarankan untuk mengkonsumsi satu semut dua kali sehari sampai gula darah stabil.

Cara mengkonsumsi Semut jepang untuk obat asam urat
Untuk mengobati asam urat dua semut, dua kali sehari sampai asam urat sembuh.

*Note : Sebelum anda mengkonsumsi semut jepang usahakan berkonsultasi dengan dokter sebelumnya, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Sejak salah seorang bapak asal pasuruan yang masuk TV karena usaha budidaya semut jepang. Kini Semut yang satu ini banyak dikenal orang. Untuk membudidayakan semut jepang sangatlah gampang. Berikut langkah – langkah budidayanya :
  • Sediakan toples plastik yang sudah dilubangi tutupnya. Ini berfungsi sebagai ventilasi udara agar  semut tidak mati.
  • Sediakan kapas secukupnya.
  • Sediakan ragi tape.
  • Hal yang paling penting yaitu semut jepang itu sendiri.
  • Pertama lubangi toples plastik pada tutupnya. Kemudian masukkan kapas sampai ¾ dari toplesUsahakan tidak terlalu padat. Setelah itu masukkan semut jepang dan ragi tape.

Seperti yang telah saya katakan diawal bahwa Semut jepang cukup populer ahir ahir ini. sehingga banyak orang berminat untuk minat untuk membudidayakanya, Alasanya karena manfaat semut jepang sangat banyak untuk kesehatan. Namun informasi mengenai cara budidaya semut jepang masih sangat sediki sehingga banyak pembudidaya yang gagal dalam pembudidayaanya.

Cara budidaya semut jepang dengan media toples
Cara beternak semut jepang sebenarnya cukup mudah. Namun ada juga masalah yang dialami seperti semut tidak mau berkembang biak dan sebagainya. Berikut ini adalah langkah-langkah budidaya semut jepang media toples bagi pemula

 Budidaya Semut Jepang Media Toples 

1. Persiapan
Persiapkan dahulu beberapa bahan yang diperlukan :
  • Toples plastik
  • Kapuk atau kapas
  • Ragi tape
  • Solder

2. Proses pembuatan
  • Lubangi tutup toples dengan menggunakan solder atau bisa juga menggunkan besi yang dipanaskan. Kira - kira ada 20 lubang dan jangan terlalu besar karena semut akan keluar. Fungsinya agar udara dapat masuk.
  • Taruh kapas di dalam toples, cukup setengah saja. Karena jika sampai penuh. Semut akan keluar dari toples. Kapas yang saya gunakan adalah kapas yang biasa untuk membersihkan luka. Anda dapat membelinya di apotek dengan harga 5000an. Biasanya Lebih murah dan isinya lebih banyak dari kapas kecantikan. Kegunaan kapas untuk tempat telur dan larva semut jepang.
  • Masukkan semut jepang ke dalam toples. Untuk satu toples cukup diisi 10 - 20 ekor semut. 
  • Berikan satu buah ragi tape didalamnya.

Cara Pemeliharaan Semut Jepang Yang Benar

Pemeliharaan semut jepang sangat mudah. Untuk budidaya yang masih baru atau yang populasi semut dalam toples berkisar 30an. Anda cukup memberikan satu butir ragi tape setiap minggu. Kalau didalam toples terdapat cukup banyak semut jepang anda berikan 3 butir ragi tiap minggunya. Untuk toples kecil jika dirasa sudah penuh dengan semut (biasanya 2 bulanan) anda pindahkan setengah populasi ke dalam toples baru. Dan tambahkan lagi kapas sampai setengah toples. Setelah beberapa bulan mungkin anda sudah memiliki lebih dari sepuluh toples berisi penuh dengan semut jepang. Kalau anda malas untuk memindahkan semut. Gunakan toples ukuran 5 liter, saya sendiri memakai toples bekas sosis. Alasanya lebih mudah saat akan dijual, karena ukuranya yang kecil. Saya biasa jual toples kecil dengan populasi sekitar 100 ekor dengan harga 300 ribu. Untuk penempatan toples taruh di tempat kering dan tidak lebab. Pengalaman saya saat ditaruh ditempat lembab kandang akan berjamur. 

0 Komentar untuk "Cara Budidaya Semut Jepang Media Toples Bagi Pemula"
Back To Top