image Peluang Usaha Budidaya Kelinci Yang Menguntungkan - Ternak Pertama



Ternak Pertama Menyediakan Berbagai Sarana dan Prasarana Unggas Dapat di Kirim ke Seluruh Wilayah Indonesia Bonus Ebook dan Gratis Konsultasi Selamanya Email : ternakpertamaku@gmail.com | Sms/WA : 089515248576 | PIN : 5FC2289D Bagi Yang Berminat Menjadi Agen Silahkan Hub Kami

Peluang Usaha Budidaya Kelinci Yang Menguntungkan

Ternak Pertama. Usaha Budidaya Kelinci - Bagi Anda yang suka dengan binatang ternak, ada salah satu usaha ternak yang memiliki prospek yang bagus kedepanya, contohnya seperti ternak kelinci. Kelinci yang bisa diternak ada dua tipe yakni kelinci hias dan kelinci pedaging. Keduanya mempunyai kelebihan masing-masing. Apabila kelinci hias unggul diharga jual yang relatif mahal sedangkan kelinci pedaging unggul di jumlah permintaan pasar yang lumayan besar. Sedangkan untuk perawatan seperti makan, kandang dan lain-lain keduanya boleh dibilang sama.
Usaha Budidaya Kelinci
Kelinci adalah hewan yang tergolong mudah untuk dipelihara, jadi banyak orang yang tadinya berniat hanya merawat sebagai hobi bisa berkembang banyak dan itu menjadi suatu  peluang bisnis yang menguntungkan bagi anda tentunya. Ternak kelinci bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang bisa di lakukan di rumah (orang biasa menyebutnya Bisnis Rumahan) yang memiliki keuntungan yang cukup besar karena mempunyai prospek yang bagus.

Tahapan Menjalankan Usaha Ternak Kelinci

Bagi anda yang berminat dengan usaha ini berikut ternak pertama bakal bahas sedikit seputar tahapan-tahapan yang harus anda ikuti dalam menjalankan usaha ternak kelinci tentunya.

1. Persiapan Kandang

Kandang Kelinci
Cara pembautan kandang untuk kelinci dibuat dengan sistem petak, untuk setiap petaknya nantinya Anda isi dengan 2 ekor kelinci yakni kelinci jantan dan kelinci betina. Kandang tersebut bisa disusun 2 sampai 3 tingkat untuk menghemat tempat. Yang perlu kalian perhatikan dalam membuat kandang adalah kerapatan kandang, usahakan kandang dibangun dengan rapat untuk menghindari masuknya binatang lain semacam tikus karena akan mengganggu anak kelinci nantinya. Kandang bisa terbuat dari kayu ataupun bambu dan bisa juga memakai jaring kawat.

2. Pemilihan Indukan Kelinci Yang Tepat

Bibit Kelinci
Langkah Selanjutnya adalah menyiapkan indukan untuk mulai berternak kelinci. Apabila anda memilih berternak kelinci pedaging maka pilihlah indukan yang sehat dan memiliki bobot besar. Sedangkan apabila ingin berternak kelinci hias anda bisa memilih indukan seperti tipe Angora, Rex, Himalayan, American Chinchilla, Fuzzy loop dan yang lainnya.

3. Sistem Pengembangbiakan Kelinci

Setelah Tahapan pertana dan kedua selesai, langkah selanjutnya adalah Sistem Pengembangbiakan. Kelinci yang siap untuk diternak minimal berusia kurang lebih 5 bulan. Cara pengawinannya bisa dengan mencampur kelinci tersebut dalam satu kandang kemudian dipisahkan apabila kelinci betina sudah terlihat tanda-tanda hamil, akan tetapi banyak juga peternak yang memakai sistem pengawinan pagi atau sore saja kemudian dipisahkan seusai berakhir kekandang masing-masing. Proses kehamilan hingga kelinci beranak membutuhkan waktu kurang lebih 30 hari. Setiap ekor kelinci bisa menghasilkan 5 hingga 10 ekor kelinci.

4. Pemeliharaan Kelinci Yang Baik

Tahapan terahir merupakan tahapan yang paling penting. Proses pemeliharaan meliputi pemberian pakan dan menjaga kebersihan kandangnya. Anda bisa memberikan beberapa macam jenis-jenis sayuran seperti kol, sawi, kangkung, bungkil, kacang-kacangan atau rerumputan jenis junggul. Tidak hanya itu anda juga perlu memberikan tambahan nutrisi supaya kesehatan kelinci tetap terjaga. selainitu, Kebersihan kandang juga penting untuk anda perhatikan, pastikan kandang kelinci rutin di bersihkan agar kondisi kandang tersebut tetap dalam kondisi yang bersih. Hal ini berfungsi untuk menghindari kelinci yang kalian ternak tidak mudah terserang oleh penyakit.

5. Pemasaran
Anakan kelinci bisa mulai dijual ketika berusia 2 - 3 bulan. Anda bisa memasarkannya ke pet shop, pasar hewan, atau ke konsumen langsung. Tetapi apabila kelinci yang kalian ternak adalah jenis kelinci pedaging kalian bisa mencoba menawarkan ke restoran aatau warung makan atau jenis usaha kuliner lain yang menyajikan olahan kelinci.

Baca Juga Artikel Lainya
Peluang Usaha Budidaya Bebek Peking  Untung Besar 
Peluang Bisnis Budidaya Cacing Sutra Modal Kecil Dengan Cara Modern 
Usaha Ternak Penggemukan Kambing Jawa untuk Hari Raya Kurban Iedul Ad’ha 
Peluang Bisnis Peranakan Kambing Etawa

0 Komentar untuk "Peluang Usaha Budidaya Kelinci Yang Menguntungkan"
Back To Top