image Peluang Bisnis Budidaya Cacing Sutra Modal Kecil Dengan Cara Modern - Ternak Pertama



Ternak Pertama Menyediakan Berbagai Sarana dan Prasarana Unggas Dapat di Kirim ke Seluruh Wilayah Indonesia Bonus Ebook dan Gratis Konsultasi Selamanya Email : ternakpertamaku@gmail.com | Sms/WA : 089515248576 | PIN : 5FC2289D Bagi Yang Berminat Menjadi Agen Silahkan Hub Kami

Peluang Bisnis Budidaya Cacing Sutra Modal Kecil Dengan Cara Modern

Ternak Pertama - Peluang Bisnis Budidaya Cacing Sutra Modal Kecil Dengan Cara Modern. Budidaya Cacing Sutra / Cacing Rambut ini adalah salah satu peluang usaha dengan modal kecil yang bisa didilakukan oleh siapa saja. Bisnis ini sangat menjanjikan karena bisa menghasilkan untung besar dan melimpah asal dengan metode atau cara yang benar dalam beternak atau budidaya cacing sutra ini. Seperti yang kita ketahui sekarang ini permintaan Cacing sutra atau cacing rambut semakin hari semakin bertambah apalagi jika musim penghujan maka harga cacing sutera bisa dipastikan akan mengalami kenaikan yang signifikan karena permintaan besar tapi persidiaan atau stok minim. Biasanya cacing sutera ini digunakan untuk Peternak Ikan Hias, Peternak Lele dan berbagai Budidaya Ikan Lainya sebagai pakannya.
Budidaya Cacing Sutra Atua Cacing Rambut
Sebenarnya ada banyak peluang bisnis sampingan yang mudah dan bisa kalian coba dirumah, tapi kali ini ternak pertama kusus akan membahas mengenai peluang bisnis ternak cacing sutera atau budidaya cacing sutera atau cacing rambut dengan cara yang modern dan modal kecil.

Salah satu yang bisa dijadikan media dalam budidaya cacing sutera  biasanya dengan memakai media lumpur tapi kali ini kita bisa lakukan budidaya cacing rambut tanpa lumpur karena media lumpur yang digunakan bisa diganti dengan menggunakan Nampan, kolam terpal atau pun bisa menggunkan Aquarium. Seperti yang telah kami jelaskan diatas bahwa biasanya Cacing Sutra ini digunakan Untuk Pakan Ikan maka semakin banyak yang budidaya ikan maka permintaan cacing sutera atau caing rambut ini semakin bertambah. Sekarang langsung saja cermati cara budidaya cacing sutera atau cacing rambut yang akan kami tulis

Peluang Bisnis Budidaya Cacing Sutra Modal Kecil Dengan Cara  Modern 

Sebelum kami jelaskan tentang cara budidaya cacing sutra dalam proses pemeliharaan,  kalian harus mengetahui terlebih dahulu tentang KLASIFIKASI CACING SUTRA atau CACING RAMBUT .

  • Cacing Sutra atau Cacing Rambut tergolong dalam Filum : Annelida 
  • Kelas : Oligochaeta, 
  • Ordo : Haplotaxida,
  •  Famili : Tubifisidae, 
  • Genus : Tubifex 
  • Spesies : Tubifex sp. 
Untuk Syarat agar  Cacing Sutera dapat hidup dengan baik maka yang perlu kalian persiapkan adalah Media sebagai Berikut :
  • Pastikan Substrat Lumpur di kedalaman maksimal 4 cm
  • pH : 5. 5 - 8. 0 serta Suhu : 25 - 28 c
  • DO( oksigen terlarut ) : 2, 5 - 7, 0 ppm
Pada Umumnya Cacing Sutra ini berada di dalam air mengalir dengan debit Air yang tak terlalu besar. Cacing sutera ini masuk dalam Golongan fauna hermaprodit yaitu fauna berkembang biak dengan cara pembuaahan telur di luar ( External ). sehingga telur yang dibuahi oleh pejantan sebelum sekarang menetas akan membelah sehingga dua. kemudaian bagi kalian yang ingin mengenal. Bagaimana Proses Beternak Cacing Sutera atau cacing rambut ini Silakan Ikuti Panduanya Dibawah ini :

Panduan Budidaya Cacing Sutra Atau Cacing Rambut Yang Benar

1. Persiapan Membuat Bibit Cacing Sutra

Untuk Bibit Cacing Sutera ini kalian dapat membelinya di toko ikan hias atau bisa juga diambil dari alam. Akan tetapi bagi kalian yang hendak mengambil bibit cacing ini dari alam pastikan cacing di karantina terlebih dahulu karena kalau tidak maka ada potensi mengangkat bakteri patogen. Sebaiknya Cacing sutera ini dikarantina 2 hingga 3 hari dengan cara dialiri air bersih dengan aturan debit yang kecil serta pastikan juga air mempunyai kandungan oksigen yang baik dan cukup. Mudah bukan?

2. Mempersiapkan Media Tumbuh Untuk Cacing Sutra Atau Cacing Rambut

Untuk area Media tumbuh Cacing Sutera ini sebaiknya didirikan mirip dengan kubangan lumpur berkapasitas 1 x 2 meter yang telah dibekali dengan saluran pemasukan serta juga pembuangan air. dan alangkah lebih baik jika kubangan itu dilengkapi dengan petakan petakan kecil yang berkapasitas 20 x 20 cm dengan catatan tinggi bedengan alias tanggul yang ada kurang lebih 10 cm, yang penting antar bedengan kubangan tadi diberi celah yang berdiameter kurang lebih 1 cm. Atau bagi kalian yang ingin membuat konsep lain silakan gunakan media budidaya Cacing Sutera ini memakai Nampan Plastik atau bisa juga dibangun dari bahan terpal.

Sekian yang bisa kami tulis, terima kasih telah berkunjung di website kami. jika ada pertanyaan silakan konsultasikan saja di menu Konsultasi. Semoga Bermanfaat .
0 Komentar untuk "Peluang Bisnis Budidaya Cacing Sutra Modal Kecil Dengan Cara Modern"
Back To Top