Skip to main content

Cara Cerdas Memilih Bibit Ayam Petelur Yang Berkualitas

Ternak Pertama- Memilih Bibit Ayam Petelur Yang BagusAyam petelur yg akan diternak harus memiliki kualitas yang bagus agar hasilnya optimal. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan memilih bibit ayam petelur yang bagus dan berkualitas, lantas bagaimana cara mengetahui ciri-ciri ayam petelur yang bagus? baiklah kali ini ternak pertama akan menuliskan artikel mengenai ciri-cici bibit ayam yang bagus, simak dengan seksama ya.

Baca Juga :




Memilih bibit ayam petelur yang bagus wajib hukumnya maka dari itu bibit ayam petelur yang bagus dan berkualitas harus memenuhi syarat sebagai berikut, antara lain:
  • Ayam petelur wajib sehat & tdk cacat fisiknya.
  • Pertumbuhan & perkembangan normal.
  • Ayam petelur berasal dari bibit yg diketahui keunggulannya.
Adapun  beberapa pedoman teknis yang perlu anda ketahui dalam memilih bibit/DOC (Day Old Chicken) /ayam umur sehari antara lain:
  • Anak ayam (DOC ) berasal dari induk yg sehat. 
  • Bulu tampak halus & penuh dan baik pertumbuhannya .
  • Tak tersedia kecacatan pada tubuhnya
  • Anak ayam mempunyak nafsu makan yg baik.
  • Ukuran badan normal, ukuran berat badan antara 35-40 gram.
  • Tak ada letakan tinja diduburnya
Bibit Ayam Petelur

Pemilihan Bibit & Calon Induk
Dalam memilih bibit dan calon induk ada beberapa hal yang perlu adanda persiapkan. Penyiapan bibit ayam petelur yg berkreteria baik dalam faktor ini tergantung sebagai berikut:
  • Konversi Ransum.
Konversi ransum adalah perabandingan antara ransum yg dihabiskan ayam dalam menghasilkan sejumlah telur. Keadaan ini sering kali disebut dengan ransum per kilogram telur. Ayam yang baik akan memakan sejumlah ransum serta menghasilkan telur yang lebih banyak atau pun lebih besar daripada sejumlah ransum yang dimakannya. Apabila ayam itu makan terlalu banyak dan bertelur sedikit maka faktor ini adalah cermin kurang baik bagi ayamtersebut. Apabila bibit ayam mempunyai konversi yang kecil maka bibit itu dapat dipilih, nilai konversi bibit ayam dapat pula diketahui dari lembaran daging yang banyak diberikan pembibit terhadap peternak dalam setiap promosi penjualan bibit ayamnya.
  •  Produksi Telur.
Produksi telur telah pasti menjadi perhatian. Dipilih bibit yg dpt memproduksi telur tak sedikit. Namun konversi ransum masih mutlak karena ayam yg produksi telurnya tinggi namun makannya tak sedikit juga tdk menguntungkan.
  •  Prestasi bibit dilapangan/dipeternakan.
paapabila kedua faktor diatas telah baik maka performa ayam utk bertelur hanya dlm sebatas performa bibit itu. 
Demikian saja artikel yang bisa kami tulis mengenai Cara Cerdas Memilih Bibit Ayam Petelur Yang Berkualitas, sekian. Terima Kasih

Jika ada hal-hal yang kurang jelas seputar peternakan anda bisa konsultasikan kepada kami di menu konsultasi di atas. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar