image OBAT HERBAL UNTUK MENGATASI PENYAKIT AYAM - Ternak Pertama



Ternak Pertama Menyediakan Berbagai Sarana dan Prasarana Unggas Dapat di Kirim ke Seluruh Wilayah Indonesia Bonus Ebook dan Gratis Konsultasi Selamanya Email : ternakpertamaku@gmail.com | Sms/WA : 089515248576 | PIN : 5FC2289D Bagi Yang Berminat Menjadi Agen Silahkan Hub Kami

OBAT HERBAL UNTUK MENGATASI PENYAKIT AYAM


Tenak Pertama. Obat Herbal Untuk Ayam - Semakin diketahuinya dampak negatif pemakaian obat kimia/antibiotika dewasa ini membuat masyarakat kini mulai beralih pada penggunaan obat-obatan herbal tradisional untuk mencegah atau mengobati penyakitnya. Penggunaan herbal tradisional untuk keperluaan penyembuhan penyakit, sudah begitu familiar. Terutama untuk proses penyembuhan penyakit manusia, sebab begitu beragam penyakit modern yang sulit di atasi, dengan penangganan keilmuan kedokteran.

Pemanfaatan herbal untuk keperluan penyembuhan penyakit ayam, saat ini semakin banyak digunakan bahkan perguruan tinggi mulai banyak melakukan penelitian penggunaan herbal untuk di aplikasikan pada ayam dan ternak lainnya. Hasilnya pun, beragam namun kebanyakan menunjukan bahwa pemberian herbal mampu meningkatkan performa ayam.

Berikut ini akan di uraikan berbagai herbal yang dapat digunakan untuk ayam, terutama untuk pencegahan penyakit. Sedangkan untuk pengobatan, penggunaan herbal dikombinasikan dengan pemberian antibiotika. Berikiut ini tanaman yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit Ayam.


DAUN SIRIH

Daun sirih (Piper betle) banyak mengandung Atsiri Oil, satu diantara komponen adalah Kavakrol bersifat Desinfektan dan anti jamur sehingga bisa untuk Antiseptik pada saluran pencernaan. Unsur Eugenol dan Metil-Eugenol berfungsi pengurangi rasa sakit. Sifat Anti Bakteri dapat mengurangi rasa gatal dan merah berair pada mata.

KUNIR/ KUNYIT

Kunyit (Curcuma domestica) Curcumin senyawa utama pada kunyit yang berkhasiat untuk beragam penyakit, misalnya mengobati gangguan saluran pencernaan, antiradang, antibakteri, antikanker, penurun kadar kolesterol, membersihkan lemak pada saluran pembuluh darah.

TEMULAWAK

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza), mempunyai sifat Detoksifikasi/mengeluarkan racun dan kontaminasi jamur Alfatoksis Flavus yang mengendap dalam hati.Belum lagi membantu sekresi dari kerja pangkreas, sehingga mampu mengoptimalkan metabolism pangkreas mengeluarkan Enzim Amilase, Lipase, Protease. Kehadiran enzim-enzim ini membantu meningkatkan penyerapan bahan pakan karbohidrat, protein dan lemak.


BROTOWALI

Rimpang brotowali (Tinospora crispa) rasannya sangat pahit.Senyawa Pikroretin pembawa rasa pahit banyak mengandung alkaloid, saponin,dammar dan masih banyak lagi. Kalau cumapenyakit segala jenis cacing, pasti hancur digempur sama Pikroretin.

Khasiat Penggunaan Herbal Pada Ayam

Beberapa eberapa jenis dan fungsi herbal sebagai obat yang saya ambil dari berbagai sumber dapat di rangkum sebagai berikut:

1. Campuran kunyit, bawang putih, daun pepaya: memperkuat kekebalan terhadap berbagai penyakit seperti CRD, kolera, koksidiosis, radang usus bahkan AI.
2.    Lidah buaya: antikuman, melindungi organ pencernaan dan pernafasan.
3. Campuran cabe jawa, temulak, temu ireng, lempuyang, gula tebu: menyehatkan, mengefisienkan penggunaan pakan.
4.   Daun pepaya: anti malaria, anti parasit cacing, menambah nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh.
5.    Daun mahkota dewa: anti mikroba, anti kanker, melindungi hati, dan ginjal.
6.    Daun jambu biji: anti diare, melindungi organ tubuh.
7.  Lengkuas: mengandung rasa pedas berfungsi meneteralkan racun, menimbulkan rasa hangat.
8.    Daun sirih: mengandung minyak atsiri untuk anti jamur, antibiotik, anti radang, berfungsi untuk melindungi organ tubuh dan organ pencernaan, obat luka, dan antibiotic alami.
9.  Bratawali, pasak bumi, sambiloto: meningkatkan nafsu makan, memperkuat fisik saat cuaca panas, mencegah n mengobati malaria unggas atau leuco.
10.Kencur: mengandung minyak atsiri berfungsi membuat rasa hangat, anti batuk, penambah nafsu makan, pereda radang tenggorokan.
11. Kunyit: mengandung zat atsiri bertujuan melindungi organ hati, ginjal dan antibiotik.
12.Temulawak: mengandung minyak atsiri, zat pati. Protein berfungsi melindungi hati, empedu, ginjal.
13. Temu ireng: meningkatkan nafsu makan dan anti parasit cacing.
14. Bawang putih: melindungi organ jantung dan pembuluh darah, meningkatkan stamina dan kekebalan terhadap penyakit.
15. Bawang merah: obat ngorok/CRD dan snot.
16.Jahe: mengandung aroma, rasa hangat, zingerol, solakol berfungsi mendorong kerja kelenjar enkitrin, menghangatkan dan meningkatkan stamina.
17. Buah mengkudu: menyehatkan dan memacu pertumbuhan.
18. Akar rumput teki: menyehatkan badan, membuat kulit ayam cepat merah tanda sehat.
19. Campuran jahe + bawang putih + miyak sayur: menyembuhkan luka.
20. Gula kelapa: memperkuat fisik, meningkatkan bobot badan, mengurangi kematian akibat penyakit Gumboro.
21. Larutan tembakau, minyak kelapa: menghilangkan kutu pada unggas, mengendalikan ulat lalat di kotoran ayam.

Bagaimana dengan dosisnya? Tidak ada standarisasi dosis obat herbal untuk itu diperlukan improfisasi dan kreativitas peternak, baik diberikan satuan atau kombinasi dari herbal-herbal tersebut.


Contoh Bahan Ramuan Herbal Untuk Ayam :

1.    Daun sirih 2 ons
2.    Kunyit 2 ons
3.    Temulawak 2 ons
4.    Brotowali 2 ons
5.    Air bersih 5 liter

Cara Pembuatan dan Penyajian Obat Herbal Pada Ayam

Semua bahan herbal di cuci bersih, masukkan panci tambah air bersih 5 liter, masak hingga air mendidih. Di butuhkan waktu sekitar 30 menit. Setelah dingin campur dengan jatah air minum ayam pada pagi hari saja, untuk ayam sejumlah 500 ekor. Satu resep herbal ini bisa di pakai sebanyak 3 kali pemasakan herbal/ tiga hari masa pakai pada pagi hari saja. Setelah 3 hari pakai, herbal di buang diganti yang baru. Artinya, dalam satu minggu cuma pakai campuran herbal 3 kali atau 3 hari saja. Aplikasi herbal dapat di barengkan dengan vitamin, tanpa mengurangi khasiat masing-masing.
0 Komentar untuk "OBAT HERBAL UNTUK MENGATASI PENYAKIT AYAM"
Back To Top