Skip to main content

OBAT HERBAL UNTUK MENGATASI PENYAKIT AYAM

Tenak Pertama. Obat Herbal Untuk Ayam - Semakin diketahuinya dampak negatif pemakaian obat kimia/antibiotika dewasa ini membuat masyarakat kini mulai beralih pada penggunaan obat-obatan herbal tradisional untuk mencegah atau mengobati penyakitnya. Penggunaan herbal tradisional untuk keperluaan penyembuhan penyakit, sudah begitu familiar. Terutama untuk proses penyembuhan penyakit manusia, sebab begitu beragam penyakit modern yang sulit di atasi, dengan penangganan keilmuan kedokteran.

Pemanfaatan herbal untuk keperluan penyembuhan penyakit ayam, saat ini semakin banyak digunakan bahkan perguruan tinggi mulai banyak melakukan penelitian penggunaan herbal untuk di aplikasikan pada ayam dan ternak lainnya. Hasilnya pun, beragam namun kebanyakan menunjukan bahwa pemberian herbal mampu meningkatkan performa ayam.

Berikut ini akan di uraikan berbagai herbal yang dapat digunakan untuk ayam, terutama untuk pencegahan penyakit. Sedangkan untuk pengobatan, penggunaan herbal dikombinasikan dengan pemberian antibiotika. Berikiut ini tanaman yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit Ayam.

Obat Ayam Tradisional


DAUN SIRIH
manfaat daun siri untuk ayam
Daun sirih (Piper betle) banyak mengandung Atsiri Oil, satu diantara komponen adalah Kavakrol bersifat Desinfektan dan anti jamur sehingga bisa untuk Antiseptik pada saluran pencernaan. Unsur Eugenol dan Metil-Eugenol berfungsi pengurangi rasa sakit. Sifat Anti Bakteri dapat mengurangi rasa gatal dan merah berair pada mata.

KUNIR/ KUNYIT

Kunyit (Curcuma domestica) Curcumin senyawa utama pada kunyit yang berkhasiat untuk beragam penyakit, misalnya mengobati gangguan saluran pencernaan, antiradang, antibakteri, antikanker, penurun kadar kolesterol, membersihkan lemak pada saluran pembuluh darah.

TEMULAWAK

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza), mempunyai sifat Detoksifikasi/mengeluarkan racun dan kontaminasi jamur Alfatoksis Flavus yang mengendap dalam hati.Belum lagi membantu sekresi dari kerja pangkreas, sehingga mampu mengoptimalkan metabolism pangkreas mengeluarkan Enzim Amilase, Lipase, Protease. Kehadiran enzim-enzim ini membantu meningkatkan penyerapan bahan pakan karbohidrat, protein dan lemak.

BROTOWALI

Rimpang brotowali (Tinospora crispa) rasannya sangat pahit.Senyawa Pikroretin pembawa rasa pahit banyak mengandung alkaloid, saponin,dammar dan masih banyak lagi. Kalau cumapenyakit segala jenis cacing, pasti hancur digempur sama Pikroretin.

Khasiat Penggunaan Herbal Pada Ayam


Beberapa beberapa jenis dan fungsi herbal sebagai obat yang saya ambil dari berbagai sumber dapat di rangkum sebagai berikut:

1. Campuran kunyit, bawang putih, daun pepaya: memperkuat kekebalan terhadap berbagai penyakit seperti CRD, kolera, koksidiosis, radang usus bahkan AI.
2.    Lidah buaya: antikuman, melindungi organ pencernaan dan pernafasan.
3. Campuran cabe jawa, temulak, temu ireng, lempuyang, gula tebu: menyehatkan, mengefisienkan penggunaan pakan.
4.   Daun pepaya: anti malaria, anti parasit cacing, menambah nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh.
5.    Daun mahkota dewa: anti mikroba, anti kanker, melindungi hati, dan ginjal.
6.    Daun jambu biji: anti diare, melindungi organ tubuh.
7.  Lengkuas: mengandung rasa pedas berfungsi meneteralkan racun, menimbulkan rasa hangat.
8.    Daun sirih: mengandung minyak atsiri untuk anti jamur, antibiotik, anti radang, berfungsi untuk melindungi organ tubuh dan organ pencernaan, obat luka, dan antibiotic alami.
9.  Bratawali, pasak bumi, sambiloto: meningkatkan nafsu makan, memperkuat fisik saat cuaca panas, mencegah n mengobati malaria unggas atau leuco.
10.Kencur: mengandung minyak atsiri berfungsi membuat rasa hangat, anti batuk, penambah nafsu makan, pereda radang tenggorokan.
11. Kunyit: mengandung zat atsiri bertujuan melindungi organ hati, ginjal dan antibiotik.
12.Temulawak: mengandung minyak atsiri, zat pati. Protein berfungsi melindungi hati, empedu, ginjal.
13. Temu ireng: meningkatkan nafsu makan dan anti parasit cacing.
14. Bawang putih: melindungi organ jantung dan pembuluh darah, meningkatkan stamina dan kekebalan terhadap penyakit.
15. Bawang merah: obat ngorok/CRD dan snot.
16.Jahe: mengandung aroma, rasa hangat, zingerol, solakol berfungsi mendorong kerja kelenjar enkitrin, menghangatkan dan meningkatkan stamina.
17. Buah mengkudu: menyehatkan dan memacu pertumbuhan.
18. Akar rumput teki: menyehatkan badan, membuat kulit ayam cepat merah tanda sehat.
19. Campuran jahe + bawang putih + miyak sayur: menyembuhkan luka.
20. Gula kelapa: memperkuat fisik, meningkatkan bobot badan, mengurangi kematian akibat penyakit Gumboro.
21. Larutan tembakau, minyak kelapa: menghilangkan kutu pada unggas, mengendalikan ulat lalat di kotoran ayam.

Bagaimana dengan dosisnya? Tidak ada standarisasi dosis obat herbal untuk itu diperlukan improfisasi dan kreativitas peternak, baik diberikan satuan atau kombinasi dari herbal-herbal tersebut.

Contoh Bahan Ramuan Herbal Untuk Ayam :

1.    Daun sirih 2 ons
2.    Kunyit 2 ons
3.    Temulawak 2 ons
4.    Brotowali 2 ons
5.    Air bersih 5 liter

Cara Pembuatan dan Penyajian Obat Herbal Pada Ayam


Semua bahan herbal di cuci bersih, masukkan panci tambah air bersih 5 liter, masak hingga air mendidih. Di butuhkan waktu sekitar 30 menit. Setelah dingin campur dengan jatah air minum ayam pada pagi hari saja, untuk ayam sejumlah 500 ekor. Satu resep herbal ini bisa di pakai sebanyak 3 kali pemasakan herbal/ tiga hari masa pakai pada pagi hari saja. Setelah 3 hari pakai, herbal di buang diganti yang baru. Artinya, dalam satu minggu cuma pakai campuran herbal 3 kali atau 3 hari saja. Aplikasi herbal dapat di barengkan dengan vitamin, tanpa mengurangi khasiat masing-masing.

Obat Tradisional Ayam Ngantuk Lemas


Jika anda memilki ayam dengan ciri - ciri lemas mengantuk, mata ayam berbusa atau hidung nya berair, kemudian disertai dengan nafsu makan menurun, itu merupakan salah satu tanda ayam terjangkit penyakit Snot atau coryza. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang aktif dan reaktif di dalam tubuh ayam. Penyakit snot muncul biasanya terjadi karena perubahan musim, dari musim kemarau musim huka ataupun sebaliknya. Penyakit coryza tersebut sangat dengan mudah menular ke ayam yang sehat, penularan di mulai dari ayam berdekatan, dengan perantara kandang, ataupun bisa juga melalui pakan ataupun minuman.

Penyakit lemas / ngantuk pada ayam dapat menyerang ayam segala umur mulai dari anakan sampai ayam dewasa, biasanya lebih menyerang ayam betina yang mempunyai berusia kurang dari enam bulan.

Cara mengobati ayam lemas ngantuk dengan bahan tradisional


Yang pertama yang perlu kalian persiapkan adalah tepung beras kurang lebih 200 gram, ditambah kencur sebanyak 150gram dan jahe secukupnya kemudian di tumbuk sampai halus. Setelah bahan halus, kalian aduk hingga merata dan tambahkan air secukupnya. Air sedikit aja jangan sampai encer. Kemudian Bentuklah adonan tersebut seperti pil dengan ukuran 3 kali lebih besar dari tablet obat pada umumnya. kemudian dijemur dibawah terik sinar matahari langsung.

Setelah dijemur dan kering, berikan / lolohkan pada ayam yang terkena snot setiap pagi dan sore hingga sembuh, biasanya dalam 2hari ayam akan sembuh.

Obat Herbal Ayam di Musim Hujan


Cara membuat jamu herbal untuk ayam di musim hujan

Racikan pertama

Bahan baku:
Kunyit ½ kg
Jahe 1 kg
Kopi bubuk ½ kg
Gula merah 1 kg
Daun-daun herbal

Cara Membuat obat tradisional ayam di musim hujan :

Parut atau blender kunyit dan jahe yang sudah dikupas dan dicuci dengan bersih

Kemudian campurkan kopi bubuk ke dalam bahan kunyit dan jahe yang sudah anda dihaluskan

Setelah itu larutlan gula merah ke dalam rebusan air

Setelah larut, kunyit masukan disertai jahe, kopi, dan daun-daun herbal.

Aduk semua bahan hingga merata dan mengental.

Dinginkan adonana, buatlah bentuk menjadi bulatan-bulatan kecil sesuai ukuran paruh ayam.

Jemur dan keringkan agar jamu bisa bertahan lama

Racikan kedua

Bahan baku:

Daun jeruk purut 5 lembar
Merica 1 sendok teh
Cabai jamu/puyang 5 buah
Lele 1 ekor
Madu secukupnya

Cara Membuatnya:

Pertana kalian haluskan daun jeruk, merica, dan cabai jamu/puyang.

Panggang lele lalu lumatkan.

Kemudian campurkan bahan yang sudah dihaluskan dengan lele.

Setelag itu tambahkan madu ke dalam adonan dan aduk hingga merata dan mengental.

Tunggu hingga adonan dingin, bentuk menjadi bulatan-bulatan kecil sesuai ukuran paruh ayam.

Jemur dan keringkan jamu herbal ayam aduan agar bisa bertahan lama.

Probiotik Ayam GDM untuk Pencegahan Penyakit

Selain memberikan penanganan yang tepat dan obat herbal terbaik untuk ternak ayam yang sakit. Anda juga bisa mencegah infeksi penyakit ini dengan memberikan probiotik ayam GDM, atau yang disebut juga Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Peternakan.

Terbuat dari beragam bakteri premium, minyak hewani, ekstrak alga dan rumput laut, serta berbagai bahan organik baik lainnya yang menguntungkan bagi ternak ayam.
Penggunaan produk ini sangat mudah, Anda cukup mencampurkan 0,3 ml pada air minum ternak ayam, dosis ini untuk 1 ekor ayam.

Penggunaan Suplemen Organik Cair (SOC) GDM Spesialis Peternakan secara rutin akan membantu meningkatkan sistem imun ternak ayam, membantu meningkatkan nafsu makan, membuat bobot ayam lebih berat, dan meningkatkan produktivitas telur (untuk jenis petelur).


Baca juga :

Harga Ayam Broiler Hari Ini

Harga Telur Ayam Ras Hari Ini

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar